Brilio.net - Nama Tegal sudah cukup dikenal oleh banyak orang karena memiliki segudang ciri khas. Salah satu ciri khas Tegal yang dikenal banyak orang yakni warteg dan juga bahasa ngapaknya.

Namun tak hanya makanan warteg saja yang menjadi kuliner khas Tegal lho. Masih banyak kuliner khas Tegal yang harus kamu coba.

Meski bukan kota besar, tetapi Kota Bahari ini bisa dibilang sebagai gudangnya kuliner lezat di daerah Jawa Tegah. Didukung lokasinya yang strategis, yakni tepat di area jalur pantura, sehingga banyak wisatawan yang sering singgah hanya untuk sekadar istirahat ataupun mencicipi kuliner Tegal.

Kali ini brilio.net mengulas beberapa kuliner khas Tegal yang harus kamu coba jika berkunjung ke kota tersebut, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (23/1).

1. Kupat glabed.

Loading...

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@galery.ditegal

Makanan ini sekilas terlihat seperti kupat sayur atau lontong opor pada umumnya. Bedanya, makanan ini mempunyai tekstur kuah yang kental sesuai dengan namanya 'kupat glabed' yang berarti kupat dengan kuah kental.

Ciri khas lainnya yakni ada taburan krupuk mi yang bentuk kecil-kecil, serta suwiran ayam. Kamu bisa menikmati Kupat ini dengan sate blengong juga. Kupat glabed ini banyak dijual di pinggir jalan Kota Tegal, namun ada satu tempat kupat glabed legendaris, yaitu kupat glabed Pak Machali di daerah Randugunting.

2. Nasi ponggol.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@infotegal

Makanan berupa nasi bungkus ini cocok untuk menu sarapan. Untuk lauk sebenarnya tidak jauh beda dengan nasi bungkus pada umumnya, berisi sambal goreng basah dan kering, mi goreng, langgi, sambal dan juga krupuk mi kuning.

Nasi ponggol Tegal dibungkus pakai daun pisang, sehingga makanan ini lebih sedap dan enak. Kamu bisa mendapatkan nasi ponggol ini di banyak warung pinggir jalan dengan harga Rp 3.000/bungkus.

3. Soto tauco Tegal.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@nndiyah

Jika kamu berkunjung ke Tegal, belum afdol jika tidak mencoba sauto, soto khas Tegal. Disebut sauto karena soto Tegal menggunakan bahan dasar tauco.

Untuk isian soto adalah ayam, cacahan daging atau babat, remahan usus yang sudah digoreng kering dan juga sambal, serta bumbu tauco. Biasanya soto juga bisa djadikan lauk untuk makan siang ataupun makan malam.

Jika kamu ingin mencicipi soto khas Tegal, kamu bisa berkunjung ke daerah Talang. Salah satu kedai soto yang sudah terkenal yakni Soto Pak Da'an. Untuk harga satu porsi soto mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 20.000

4. Nasi lengko.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@aguszmulyono

Nasi ini berisi potongan tahu, tempe, timun, tauge, dan disiram saus kacang. Dipadukan dengan krupuk mi kuning, makanan ini sangat lezat dinikmati setiap waktu.

Salah satu warung makan yang terkenal dengan nasi lengko yaitu Warung Makan Pi'an di dekat Alun-alun Kota Tegal. Bisa juga ke daerah Pasar Pagi Kota Tegal, tepatnya di Gang Kimto. Harganya sekitar Rp 15.000.

5. Sate kambing muda batibul.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@cicikokokulineran

Sate kambing ini teksturnya lembut dan tidak mengeluarkan aroma prengus saat disantap. Hal itu karena menggunakan daging kambing muda, usia tiga bulan atau biasa disebut batibul.

Kamu bisa mendapatkan sate kambing ini di sepanjang Jalan Tirus. Di sana ada warung sate batibul yang cukup terkenal, Sate Kambing Batibul Bang Awi, Adiwerna ataupun ke Sate Kambing Wendy's Tegal.

6. Tahu aci.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@kulinertegal

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan yang khas banget dari Tegal. Tahu aci atau tahu kuping ini terbuat dari tahu kuning yang dipotong segitiga, di atasnya diberi adonan tepung aci yang sudah ditaburi potongan daun kucai.

Kamu bisa mendapatkan tahu aci di banyak warung pinggir jalan saat malam hari, atau ke pusat tahu aci Murni Natha di Kota Tegal. Jika di pinggir jalan harganya sekitar Rp 2.000/tiga biji.

7. Es lontrong.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@cahyo_syakir

Es lontrong ini sudah sangat legendaris. Minuman ini berisi cincau hitam, kacang hijau, serutan es dan disiram santan dan sirup pandan merah.

Sesuai namanya 'Lontrong', kamu bisa mendapatkan es ini di Gang Lontrong, Kampung Budimulya, Slawi. Untuk menikmati kesegarannya, kamu cukup merogoh kocek Rp 5.000.

8. Olos.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@kulinertegal

Cemilan ini terbuat dari tepung kanji dan terigu yang diisi dengan sayur kol, serta potongan cabai rawit. Potongan cabai rawit membuat rasa olos ini pedas dan nendang di lidah.

Saat ini olos sudah diinovasi dengan berbagai macam isian, seperti sosis, ayam, dan keju. Buat kamu yang ingin mencoba cemilan khas Tegal ini, bisa berkunjung ke Slawi.

9. Rujak teplak.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@about.tegal

Rujak ini berisi berbagai macam sayur yang sudah direbus, kemudian disiram sambal singkong. Sambal singkong ini terbuat dari singkong yang direbus lalu dihaluskan dengan campuran bumbu-bumbu bercita rasa pedas.

Rujak ini juga dilengkapi sambal terasi dan kuah santan yang masih ada serbuk kelapanya. Makanan ini biasanya disantap dengan krupuk mi khas Tegal. Makanan ini banyak dijual di berbagai pasar tradisional Tegal.

10. Glotak atau petis.

kuliner tegal istimewa

foto: instagram/@tegal.fnb

Glotak terbuat dari gembus atau semacam oncom yang dihancurkan dan dimasak dengan berbagai macam bumbu. Biasanya juga ditambahkan potongan tulang ayam atau sapi dan irisan cabai. Kamu bisa mendapatakan makanan ini juga di pasar tradisional di Tegal.

Itulah beberapa kuliner Khas Tegal yang harus kamu coba jika berkunjung ke Kota Bahari tersebut.

Reporter: mgg/Nazaroh Awalia