Brilio.net - Kamu lagi senang-senangnya traveling bareng teman? Atau mungkin kamu lagi gemar mendaki gunung? Nah, selain memang harus memerhatikan kesehatan serta kondisi fisik, kamu juga perlu mempersiapkan barang-barang tertentu yang wajib bawa. Meski simpel atau sudah diketahui para survivor, namun bagi pemula pasti nggak menyangka kalau benda-benda ini penting.

Apa saja ya? Nah, berikut ini brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber, 10 benda tak terduga yang ternyata berguna bagi pendaki pemula, Jumat(16/9):

1. Kondom

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: survivetheapocalypse

Bukan untuk mengajari yang tidak-tidak, namun seperti dilansir brilio.net dari postingan @mountainparody, kondom bisa dipakai sebagai alat survival alias bertahan hidup. Fungsinya cukup banyak lho, mulai untuk membuat api, menampung air dan membuat ketapel.

2. Magic tissue

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: Instagram

Masih dari akun@mountainparody ternyata tisu 'sulap' ini wajib ada di kotak P3K. Fungsinya bisa menjadi pengganti balsem atau obat gosok untuk membius rasa sakit sementara jika terjadi kram.

3. Pembalut

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: Pinterest

Meskipun kamu pendaki cowok, namun pembalut wanita nyatanya juga ada gunanya lho. Pembalut bisa kamu gunakan untuk bantalan tas carrier yang berat di bahu.

4. Gunting kuku

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: klikbabylove

Bukannya mau melakukan perawatan kuku di puncak gunung, tapi sebaiknya kamu juga masukkan gunting kuku di packing list kamu. "Gunting kuku bisa berfungsi sebagai pemotong mini, pengganti gunting," jelas Gufron S, traveler asal Bondowoso.

5. Karet gelang

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: honbig

Medan selama perjalanan pendakian memang tak bisa terduga. Jika tiba-tiba hujan lebat, kamu bisa menggunakan karet gelang untuk mengikat kaos kaki.

6. Benang dan jarum

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: serihati

Jangan remehkan benda yang satu ini. Benang dan jarum saat mendaki bisa untuk menjahit tenda jika robek. Nggak terpikir ya?

7. Cermin

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: sleashop

Ternyata nggak cuma cewek saja yang butuh cermin. Pendaki pun wajib membawa benda kecil yang satu ini. 

"Cermin bisa kamu gunakan sebagai petunjuk posisi atau minta bantuan jika terjadi hal yang tak terduga," terang Alvan, salah satu pemilik persewaan alat pendakian dan outdoor.

8. Tali pipih

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: wikipedia

Tali pipih alias webbing pun sering terlupakan. Padahal benda ini dapat berfungsi untuk membuat bivak atau memasang hammock. Selain itu juga bisa digunakan untuk memancang tenda ke pohon.

9. Selotip

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: tokopedia

Bukan sebagai perekat membungkus kado saja lho, selotip juga bisa digunakan untuk menambal tenda yang bocor. Selain itu bisa juga dipakai untuk menyambung sementara frame yang patah.

10. Kanebo atau spon

10 benda pendaki © 2016 brilio.net

foto: harga.me

Kanebo yang biasa digunakan untuk mengelap motor kamu pun sebaiknya nggak tertinggal. Kanebo bisa berfungsi untuk menyerap air dalam tenda ketika tenda bocor.

"Kanebo bisa juga diganti dengan spon," tambah Alvan.