Brilio.net - Pernah menelan permen karet? Saat kamu kecil, ketika tak sengaja menelan permen karet pasti takutnya bukan main. Karena dari dulu kita sudah diberi sugesti tentang bahaya menelan permen karet. Bahkan ada yang bilang permen karet yang telah tertelan tak akan bisa dicerna sampai 7 tahun lamanya! Hiii...

Tapi benarkah sebahaya dan seseram itu? Nah, sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Viral4Real, Jumat (9/12), ternyata anggapan itu tidak semuanya benar. Meski pun permen karet tak dapat dicerna, tetapi permen karet tak akan berada di dalam tubuhmu 7 tahun lamanya.

Ada beberapa manfaat dari permen karet, beberapa di antaranya adalah memerangi bau mulut dan membantu untuk berhenti merokok. Meski sebenarnya tak berbahaya, namun menelan permen karet tetap bukanlah hal yang baik.

Permen karet dalam waktu yang singkat bisa saja memblokir saluran pencernaan, meski kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Permen karet terbuat dari banyak bahan, baik yang alamiah maupun sintetis, seperti pengawet, perasa, dan pemanis, dan gum resin. Tubuh dapat menyerap pemanis, seperti gula, tetapi saluran pencernaan manusia tidak bisa mencerna gum resin.

Loading...

Jika tertelan, bahan tersebut akan bergerak melalui saluran pencernaan dengan mendorong tindakan (peristaltik) normal usus. Selanjutnya, sisa permen karet tersebut akan terbuang saat kamu BAB.

Nah, kalau masih bingung, mending kamu simak deh, penjelasan singkat dalam video yang brilio.net lansir dari channel DNews di bawah ini: