Brilio.net - Bicara soal anak-anak 90-an, tentu tidak lepas dari jajanan yang sangat beragam, yang mungkin saat ini sudah mulai sepi di pasaran, salah satunya adalah permen karet 'Yosan'.

Bukan karena rasa yang membuatnya spesial, melainkan kuis untuk mengumpulkan setiap huruf dari tiap bungkus permen karet ini, hingga membentuk kata 'YOSAN'. Namun seakan huruf 'N' hanya sebuah mitos, pasalnya, huruf ‘N’ ini sangat sulit didapat.

Saking sulitnya banyak penggemar permen Yosan menganggapnya kuis yang menipu. Namun pihak Yosan, melalui laman media sosial resminya, menjamin huruf "N" tersebut benar-benar ada dan bukan mitos.

Cerita penemu huruf ‘N’ permen karet legendaris Yosan

Dan faktanya ternyata ada seorang penemu huruf langka ini, bernama Rama Hidayat. Rama menuturkan, ia berhasil mendapatkan huruf legendaris tersebut sekitar tahun 2005. Pria kelahiran tahun 1997 ini mengatakan bahwa dirinya masih ‘bocah’ saat mendapatkan huruf tersebut.

Namun ada yang unik dengan kisah Rama menemukan huruf mistis itu, pasalnya Rama tidak mendapatkan huruf tersebut dalam bungkus permen sebagaimana huruf lainnya, melainkan ia mendapatkannya box kardus pembungkus permen. Rama mengatakan bahwa keluarganya memiliki warung sembako. Di warung milik keluarganya tersebut, permen Yosan merupakan salah satu barang dagangan.

“Jadi kalau beli permen Yosan yah per pack. Nah waktu saya lagi ngebantuin masukin tuh permen ke dalam toples, saya nemu tulisan huruf N di box permen itu. Tapi huruf N nya berupa bungkus permen Yosan yang ditempel di bagian bawah box, bukan pada permennya,” ujar Rama kepada brilio.net, Jumat (29/5).

Ia juga menuturkan, kejadian tersebut hanya sekali terjadi, sejak warungnya dibuka tahun 2003 hingga 2011. Dari huruf tersebut, Rama berhasil mendapatkan hadiah berupa kaos Manchester United, seperti tertulis dalam bungkus yang ia temukan itu.    

“Kalau huruf N permen Yosan ada tulisan hadiahnya. Nah saya dapet yang ada tulisan kaos bola. Dulu sih kaos bola MU di dada kanan logo MU dan di dada kiri tulisan Yosan," kata Rama.

Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor, kenapa huruf ‘N’ ini menjadi mistis dan membuat sayembara menyusun kata Yosan ini sangat legendaris. Pasalnya selama delapan tahun Rama berjualan, tidak ada seorang pun pelanggannya yang pernah mendapatkan huruf tersebut. Wah pantesan huruf ini langka banget.