Brilio.net - Bagi kamu yang nggak terlalu suka makan makanan yang pedas-pedas tentu sering merasakan gimana sensasi mulut panas seperti terbakar saat mendapatkan makanan yang terlalu pedas. Apa sih yang kamu lakukan saat merasa kepedasan? Minum air putih sebanyak-banyaknya? Bahkan harus cari air es atau air dingin segala.

Dilansir brilio.net dari Discovery, Selasa (16/2) jangan langsung mencari air es saat kamu makan makanan yang terlalu pedas dan menyebabkan rasa terbakar dan panas di lidah. Sebaliknya, segera minumlah susu. Susu dapat menghilangkan rasa pedas dengan segera dan lebih efektif dibanding air es karena susu mengandung kasein dan lemak yang dapat menghilangkan capsaicin, kandungan dari cabai.

BACA JUGA: Jangan minum air putih saat kepedasan, ini alasannya

Susu efektif untuk menghilangkan kepedasan, begini penjelasannya

Minum air es hanya akan memberikan sedikit "bantuan" dalam menghilangkan efek kepedasan. Karena air putih tidak bisa melarutkan minyak capsaicin dari cabai. Sedangkan satu gelas susu, baik susu murni ataupun susu manis bisa melenyapkan dan melarutkan senyawa capcaisin.

Loading...

Selain susu cair atau susu murni, produk susu lainya semisal yoghurt atau keju juga bisa kita jadikan obar penawar untuk mengatasi kepedesan.  

Nah, mulai sekarang nggak usah takut kepedasan lagi. Jika memang kamu ingin makan pedas, pesanlah susu untuk minumannya.