Brilio.net - Musik dipercaya bisa memengaruhi mood. Kamu sering kan, saat mood lagi jelek lalu mendengarkan lagu kesayangan tiba-tiba langsung semangat lagi? Nah, ternyata bukan cuma pada manusia saja loh, musik memiliki pengaruh terhadap mood. Hewan pun konon merasakan.

Dilansir brilio.net dari The Daily Meal, Jumat (3/3) sebuah produsen keju ternama asal California, Cypress Grove, berhasil membuktikan sebuah fakta unik terkait manfaat luar biasa sebuah karya musik. Setelah melakukan berbagai uji coba, mereka menemukan bahwa alunan musik merdu dapat membuat kualitas susu kambing menjadi lebih baik.

Sebelum proses pemerahan susu dilakukan, pihak Cypress sengaja memutar musik jazz di dalam sebuah kandang berisikan 900 kambing perah. Mereka mengatakan kepada Food & Wine Magazine, cara tersebut bertujuan untuk menenangkan domba.

"Situasi yang ideal untuk menghasilkan susu berkualitas adalah saat hewan-hewan itu dalam kondisi tenang. Jika memaksakan diri memeras mereka saat sedang stress, jumlah dan kualitas susu akan menurun," ujar salah satu Director Cyperss, Ryan Andrus.

Andrus menambahkan, jenis musik juga harus dipilih secara tepat. Mereka telah mencoba berbagai genre musik termasuk musik klasik. Namun, perubahan tempo dan volume khas musik klasik cenderung membuat para kambing itu kaget. Selain itu, musik jazz yang didominasi suara instrumen (terompet) juga tidak baik.

"Itulah sebabnya kita tidak bisa memutar karya-karya Thelonius Monk atau beberapa karya avant-grande, dan creative jazz. Kami selalu memilih musik jazz yang lebih lembut, mellow, dengan nada-nada rendah," katanya.