Brilio.net - Tak terbayang memang jika gurun seluas Sahara dahulunya pernah dialiri sungai. Mungkin kamu juga akan tercengang jika hal ini merupakan sebuah kebenaran. Tetapi faktanya memang seperti itu. Baru-baru ini, para peneliti asal Prancis membuktikan temuan ini sebagaimana dikutip brilio.net dari Scientific American, Selasa (26/4).

sungai sahara © 2016 brilio.net

Ahli paleoclimatologis dan geochemis, Charlotte Skonieczny dari Research Institute for Exploration of the Sea mengonfirmasi dulunya Gurun Sahara pernah dialiri sungai. Fenomena tersebut diperkirakan terjadi antara 11.700 hingga 5.000 tahun yang lalu.

Nama sungai tersebut adalah Tamanrasett. Jika sungai tersebut masih ada, maka akan menjadi sungai terlebar nomor 11 di bumi hari ini.

sungai sahara © 2016 brilio.net

Loading...

Dalam penelitiannya, Charlotte dan tim menganalisis data berbentuk microwave yang dikumpulkan oleh satelit Jepang. Alat tersebut sebenarnya digunakan untuk memetakan konstruksi geologi.

Dalam data tersebut terkuak adanya tiupan batuan dasar dari Pegunungan Atlas di Afrika bagian utara ke Samudera Atlantik.

Dari anggapan itulah sang ahli percaya bahwa Gurun Sahara dulunya pernah dialiri oleh sungai.