Brilio.net - Jerawat bikin banyak orang kebakaran jenggot. Nggak heran banyak yang buru-buru untuk menghilangkannya dengan beragam cara. Tapi tahukah kamu, jerawat itu bermanfaat lho. Kok, bisa?

jerawat awet muda © 2016 brilio.net

Baru-baru ini sebuah penelitian dari King's College London, Inggris, yang melibatkan 1.205 wanita kembar menunjukkan bahwa remaja dengan jerawat cenderung awet muda ketimbang teman-teman mereka yang wajahnya 'sempurna'. Para ahli menyatakan hal ini akibat orang-orang berjerawat memiliki proteksi yang melawan penuaan. Artinya, hal-hal yang menyebabkan keriput dan kulit menipis, bisa tertunda lebih lama pada orang berjerawat. Wow!

Sebagaimana dilansir brilio.net dari BBC Inggris, Senin (24/10), studi ini melihat sel-sel darah putih dari orang yang berjerawat dan menemukan mereka memiliki 'topi pelindung' pada ujung kromosom mereka. Topi ini disebut telomere yang berbentuk seperti plastik pada ujung tali sepatu, yang mencegah serat-serat kain tali sepatu berhamburan atau rusak. Bisa membayangkan, Sobat Brilio?

Topi tersebut yang mencegah kromosom dari kerusakan. Telomere sendiri bisa menyusut dari waktu ke waktu. Tapi bagi orang yang memiliki telomere panjang, maka proses datangnya penuaan lebih lambat ketimbang yang punya telomere pendek.

Loading...

Hal tersebut ditegaskan oleh pemimpin penelitian, Simone Ribero.

"Temuan kami menunjukkan penyebabnya dapat dikaitkan dengan panjang telomere yang tampaknya berbeda pada orang berjerawat dan berarti sel-sel mereka dapat dilindungi dari penuaan," katanya.

Singkat kata, remaja yang punya jerawat akan awet muda lebih lama. Namun begitu, para ahli juga menyatakan masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk memastikan faktor pasti orang berjerawat itu awet muda.

Gimana, Sobat Brilio? Masih resah sama jerawat?