Brilio.net - Kamu mungkin kerap merasa lapar saat hujan turun. Tak jarang meski sebelumnya sudah cukup makan, saat hujan tiba-tiba perutmu keroncongan. Ternyata hal ini dapat dijelaskan secara medis, bahwa ada zat dalam tubuh yang menurun dan membuat lapar.

Sara Elise Wijono, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menjelaskan, seperti yang dikutip brilio.net, Selasa (20/6) dari layanan konsultasi online, klik dokter, bahwas saat hujan suhu udara otomatis menjadi semakin dingin. Perubahan cuaca ini membuat suhu tubuh menurun, menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Sebagai kompensasi, tubuh akan mencari cara untuk menambah panas dan makan adalah salah satu caranya.

"Di dalam tubuh, makanan yang Anda konsumsi akan diubah menjadi sumber energi. Energi ini dapat digunakan kembali oleh tubuh untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk menaikkan suhu tubuh yang menurun," ujar perempuan yang kini menempuh pendidikan Masters By Research di Newcastle University, Inggris ini.

Selain itu saat hujan sinar matahari juga akan tertutup oleh awan. Hal ini juga menjadi alasan kenapa orang cepat merasa lapar saat hujan. Cuaca yang mendung dengan sedikitnya sinar matahari ternyata dapat menurunkan kadar zat serotonin di dalam otak dan makanan menjadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kadar serotonin tersebut. Alhasil, kurang melihat sinar matahari memicu orang untuk mencari makanan.

Loading...