Brilio.net - Sampah menjadi sebuah masalah tersendiri bagi hampir setiap negara. Volume sampah setiap waktu terus bertambah. Hal senada juga dialami oleh Kota Tokyo, Jepang. Setiap minggu ribuan peti berisi sampah plastik ada di Tokyo. Jika dibiarkan akan menjadi sebuah masalah. Oleh sebab itu, sebuah pabrik pengolahan sampah bernama The Minato Incineration Plant punya terobosan untuk kehidupan berkelanjutan.

Berdiri sejak tahun 1999, pabrik ini menawarkan teknologi untuk mengurangi dampak lingkungan karena tingginya konsumerisme. Berdasarkan studi terbaru dari Inggris dan Australia disebutkan bahwa Jepang dan China merupakan negara penyuplai sampah terbanyak di dunia. Hal tersebut didukung dengan plastik yang begitu lekat dengan kehidupan masyarakat Jepang. Jumlah sampah yang tak sedikit tersebut secara tak langsung mencemari lingkungan.

Tak ingin membiarkan pencemaran, pabrik pengolahan sampah di Jepang mengedepankan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Proses pengolahan sampah yang ada di pabrik ini mampu menghasilkan produk kece. Penasaran dengan prosesnya?

Berikut proses daur ulang sampah di Tokyo yang tergambar dalam 10 potret dihimpun dari The Japan Times pada Rabu (14/6).

1. Dipilah sesuai jenisnya kemudian dipindah ke wadah berdasarkan warna. Misalnya wadah warna kuning untuk kaca dan botol pecah belah, serta warna biru untuk kaleng.

Loading...

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

2. Kemudian botol-botol kaca bekas mulai diproses. Melalui ban berjalan, botol kaca kembali dipisahkan sesuai warnanya dengan alat sensor.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

3. Kaca-kaca tersebut kemudian dipecahkan. Proses tersebut mampu memecahkan 4 ribu botol dalam perjam. Pecahan tersebut kemudian dikumpulkan dan didaur ulang menjadi bahan paving jalan atau kembali menjadi botol.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

4. Terpisah dengan sampah pecah belah, botol plastik juga diolah.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

5. Proses pengumpulan sampah kaca yang diambil dari berbagai tempat, mulai dari supermarket, mal, rumah sakit, dan lain-lain.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

6. Plastik pun dipilah kembali untuk memudahkan proses daur ulang. Plastik yang telah terpilah kemudian dipadatkan.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

7. Penampakan pabrik daur ulang setiap harinya. Penuh dengan timbunan sampah plastik. Namun demikian, ada banyak benda yang juga didaur ulang di pabrik Minato, seperti beragam jenis logam.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

8. Tampak luar pabrik pengolahan sampah di Tokyo.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

9. Hasil dari proses pemadapatan sampah plastik. Setengah ton botol diproses dalam waktu satu jam. Setiap balok yang keluar dari mesin berkisar 17 kilogram dengan ukuran 40 sentimeter. Angka tersebut setara dengan 300 botol ukuran 1,5 liter.

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net

10. Prinsip 3R begitu ditekankan pada pabrik. Dengan bantuan proses kimiawi, sampah-sampah diolah menjadi produk yang bermanfaat. Salah satunya sampah plastik yang telah diproses dibuat menjadi benang-benang fiber yang kemudian dapat dimanfaatkan jadi pakaian. Keren kan?

proses 3R Tokyo © 2017 brilio.net