Brilio.net - Akhir pekan bagi kamu yang memiliki kesibukan tinggi setiap hari bakal jadi waktu yang pas untuk beristirahat di rumah. Tetapi kebanyakan orang merasa, terlalu banyak tidur bisa menyebabkan kegemukan, apalagi bagi wanita yang sangat menjaga kondisi tubuhnya.

Namun, ada kabar gembira bagi kamu yang hobi tidur saat akhir pekan. Studi yang baru-baru ini dilakukan menunjukan jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk tidur di akhir pekan dapat membuat kamu lebih kurus bahkan menjadi pintar. Kok bisa?

Dilansir brilio.net dari Metro.co.uk, Selasa (4/7), sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Sleep ini melibatkan 2.156 peserta yang terdiri dari orang dewasa. Para peneliti membandingkan kebiasaan tidur dengan Indeks Masa Tubuh (BMI) mereka.

Dalam studi tersebut ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur selama hari biasa (Senin-Jumat) dan mengganti kekurangan tersebut di akhir pekan memiliki BMI yang lebih rendah ketimbang mereka yang tetap padat beraktivitas di hari tersebut.

"Tidur di akhir pekan bisa memiliki efek protektif bagi tubuh," ujar peneliti.

Loading...

Meskipun teori ini belum begitu dikenal, namun perlu diketahui bahwa mereka yang kurang tidur kerap mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Kurang tidur juga dapat menyebabkan ketidakstabilan kadar gula darah dan memicu seseorang untuk memilih makanan kadar gula tinggi untuk tetap terjaga.