Brilio.net - Setelah sibuk bekerja saat weekday, banyak orang yang ingin menghabiskan weekend dengan tidur selama mungkin. Beberapa orang mungkin akan merasa lebih segar jika tidur lebih lama saat weekend tapi bukan berarti kamu bisa bebas tidur seharian. Karena ternyata menurut penelitian terbaru, tidur saat weekend justru jadi alasan mengapa kamu malah merasa lemas dan kelelahan seharian.

Penelitian yang dilakukan di University of Arizona ini menjelaskan bahwa apa yang disebut 'social jet lag' terjadi ketika kamu pergi tidur lebih awal dan bangun kesiangan saat weekend. Jadi, misalnya kamu biasanya bangun jam 7 pagi saat weekday, lalu memutuskan tidur lagi karena merasa tak ingin melakukan apa pun pada hari Sabtu dan Minggu dan bangun lebih siang, kamu justru akan merasa tubuhmu kelelahan sepanjang hari bahkan selama sepekan.

Para peneliti, Sierra Forbush dan tim, menganalisis respon survey dari 984 orang dewasa di Pennsylvania. Mereka melihat hubungan antara jam tidur weekday dan weekend serta pengaruhnya terhadap tingkat kesehatan, mood yang buruk dan meningkatnya rasa lelah dan ngantuk.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa 85% partisipan bangun siang saat weekend dan mereka menunjukkan suasana hati yang buruk serta tubuh yang kelelahan. Tak hanya itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa risiko penyakit jantung bertambah hingga 11% setiap bertambahnya durasi satu jam tidur.

"Hasil ini menunjukkan bahwa keteraturan tidur, melebihi durasi tidur memainkan peran penting dalam kesehatan kita. Ini menunjukkan bahwa jadwal tidur yang teratur mungkin merupakan pengobatan pencegahan penyakit jantung yang efektif, relatif sederhana, dan murah serta banyak masalah kesehatan lainnya," kata Forbush seperti dikutip brilio.net dari goodhousekeeping.

Loading...

Sierra Forbush menambahkan bahwa tidur yang teratur menjadi strategi tambahan untuk menjaga kesehatan selain mengatur pola makan dan berolahraga. "Ini bukan hanya tentang mendapatkan tidur yang cukup, tapi tidur teratur, idealnya kamu ingin tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dalam seminggu," tambahnya.

Jadi, mungkin sudah saatnya memikirkan kembali keinginan kamu untuk tidur seharian di hari Sabtu dan Minggu. Jika memang tubuhmu benar-benar butuh istirahat, lakukanlah sesekali tapi tidak setiap akhir pekan kamu habiskan dengan tidur lebih lama dari hari biasanya.