Brilio.net - Setiap orang tua pastilah ingin anaknya pandai, kalau bisa malah jadi yang paling cerdas sedunia. Untuk itu, mereka menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik. Masih belum cukup, mereka juga mendatangkan guru privat terbaik untuk les tambahan anaknya. Namun sepertinya mereka juga harus baca tentang penelitian terbaru bagaimana membuat anak menjadi pintar.

Peneliti mengemukakan bahwa berlatih berkuda lebih efektif membuat anak-anak lebih pintar dan menjadi yang terbaik di sekolah dibanding berbagai macam les privat yang kadang justru membuat waktu bermain anak jadi tersita.

Peneliti dari Tokyo University of Agriculture di Jepang menemukan fakta bahwa saat berada di pelana kuda, getaran yang diterima tubuh anak akan mengaktifkan bagian pada otak yang bertanggungjawab pada pembelajaran dan daya ingat.

"Sistem ini dikenal dengan nama sympathetic nervous system, efeknya ditemukan untuk menambah kemampuan kognitif anak," terang seorang sumber seperti brilio.net lansir dari daily mail, Selasa (7/3).

Saat para responden dimohon untuk menyelesaikan respon simple dan tes matematika secara langsung, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas berkuda, ditemukan bahwa mereka lebih gampang untuk dalam menyelesaikan persoalan matematika.

Loading...

Selain itu, mereka juga menemukan bahawa berkuda secara luar biasa menambah kemampuan dalam menyelesaikan tes tingkah laku.

Profesor Mitsuaki Ohta, salah seorang tim peneliti mengemukakan bahwa salah satu yang terpenting dari karakteristik langkah kuda adalah mereka menghasilkan akselerasi tiga dimensi.

"Gerakan panggul kuda dapat memberikan sensor motorik ke tubuh manusia dan berpengaruh pada belajarnya. Saya percaya beberapa perbedaan hasil tes antara penunggang mungkin disebabkan oleh akselerasi ini," terangnya.

IB : Naik Kuda