Brilio.net - Setiap kita jalan, kita bisa melihat bayangan kita sendiri. Apalagi bayangan masa lalu yang bikin baper, eaa! Tapi bayangan tidak terjadi dengan api. Lebih tepatnya, nyala api tidak bisa menghasilkan bayangan. Hayo, sadar enggak? Memang sih, materi ini jarang didapatkan di bangku sekolah.

Penyebab dari fenomena ini sangatlah simpel. Kamu tidak membutuhkan rumus atau teori yang bikin pusing kepala. Penyebabnya adalah api merupakan sumber dari cahaya itu sendiri, sebagaimana dikutip brilio.net dari India Times, Rabu (13/4). Jadi, tidak bisa menghasilkan bayangan. Jika permukaan api memang sumber dari cahaya api sendiri, permukaan api tidak bisa menimbulkan cahaya.

FIRE 2 © 2016 brilio.net

Jika kamu masih tidak percaya dengan penjelasan tersebut. Cobalah kamu nyalakan korek api. Jauhkanlah sekitar 10-15 cm dari tembok. Perhatikan temboknya, pasti tidak ada bayangan yang muncul, kecuali batang korek apinya. Jika masih ragu, coba aja sendiri deh..

BACA JUGA: Fakta-fakta sains yang klop antara ilmuwan dengan penjelasan Alquran, top!

Loading...

Bagaimana dengan api yang ada di air seperti gambar di bawah ini? Hal ini terjadi karena refleksi di air, bukan bayangan dari asap itu sendiri.

FIRE 3 © 2016 brilio.net