Brilio.net - Fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 ini memang sedang hangat diperbincangkan. Pasalnya fenomena yang terjadi 40 tahun sekali ini bisa dilihat di 12 provinsi di Indonesia dan menyebabkan Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati gerhana matahari total tersebut.

Zaman dahulu, fenomena yang terjadi karena posisi bulan yang berada di antara matahari dan bumi ini menjadi sesuatu yang ditakuti. Mitos-mitos tentang gerhana matahari pun berhamburan di masyarakat karena belum ada pembuktian tentang hal tersebut.

Berikut adalah 6 mitos tentang gerhana matahari yang diyakini penduduk dunia yang dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/1).

1. Orang hamil dilarang keluar rumah
Orang hamil dilarang keluar rumah adalah mitos tentang gerhana matahari yang banyak diyakini di seluruh dunia. Gerhana matahari diyakini dapat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

2. Sejarah pemenggalan ilmuan di China
Pada tahun 2134 fenomena pertama kalinya terjadi pemenggalan terhadap ilmuan dikarenakan ilmuan tersebut gagal memprediksi waktu terjadinya gerhana matahari.

3. Terjadinya bencana alam
Bangsa Yunani kuno memiliki keyakinan bahwa gerhana matahari adalah pertanda dari Tuhan yang sedang marah.

4. Jatuhnya kekuasaan raja
Rakyat Inggris memiliki pengalaman tersendiri perihal gerhana matahari. Gerhana matahari bagi masyarakat Inggris identik dengan jatuhnya kekuasaan raja. Sebab pada tahun 1133 gerhana matahari terjadi bersamaan dengan meninggalnya Raja Hendry I.

5. Gerhana matahari sebagai racun
Gerhana matahari merupakan hal yang sangat ditakuti oleh masyarakat pedalaman India. Mereka menyakini bahwa gerhana matahari dapat meracuni makanan dan tanaman yang mereka miliki.

6. Mitos Korea
Kalangan masyarakat Korea memercayai bahwa jika terjadi gerhana matahari, maka mataharinya sedang dicuri oleh siluman anjing.