Brilio.net - Benda-benda alam nggak ada yang nggak bikin takjub. Proses terbentuknya sesuatu di alam semesta baik dilihat dari sisi fisika, kimia, biologi, maupun psikologis, selalu bikin melongo. Salah satunya adalah logam bernama Gallium.

Gallium adalah logam tak beracun yang sering dijadikan pelapis pemberi efek reflektif pada porselin dan kaca. Menurut beberapa sumber yang beredar di internet, Gallium memiliki titik lebur atau leleh rendah, yakni 29,8 ° Celcius. Dengan begitu, kena panas sedikit bikin Gallium mudah meleleh, termasuk tanganmu. Kamu tahu sendiri, suhu normal tubuhmu adalah 36,5-37,5 ° Celcius.

Selain berfungsi sebagai pelapis porselin dan kaca, ternyata Gallium juga terdapat di tubuh manusia dalam jumlah yang teramat kecil. Misalnya saja berat badan seseorang adalah 70 kilogram, kandungan Gallium dalam tubuhnya hanya 0,7 miligram. Sayangnya, belum diketahui fungsinya untuk tubuh manusia.

Di beberapa air minum dan vitamin juga disebut mengandung sejumlah kecil Gallium dengan konsentrasi kecil. Walaupun nggak berbahaya tapi kamu juga nggak boleh kebanyakan mengonsumsi Gallium. Beberapa senyawa Gallium seperti Gallium (III) klorida bisa bikin tenggorokan iritasi, napas menjadi sesak, dan nyeri dada.

Mau tahu seperti apa keunikan Gallium ini saat meleleh di telapak tanganmu? Dikutip brilio.net dari akun YouTube str4hler, Jumat (3/6), berikut videonya:

Loading...

Video 1

Video 2

Video 3