Brilio.net - Fenomena gerhana matahari yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang nampaknya akan menjadi perayaan tersendiri di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia menjadi satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana matahari total (GMT) di 12 wilayah berbeda. Bahkan National Aeronautics and Space (NASA) merilis bahwa salah satu tempat terbaik menikmati fenomena yang hanya terjadi sekali dalam 40 hingga 150 tahun ini adalah di Indonesia.

GMT sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Pada tahun 1983 peristiwa beradanya bumi, bulan dan matahari dalam satu titik poros yang sama pernah terjadi. Namun saat itu terjadi pembohongan publik bahwa gerhana matahari berbahaya, sehingga saat GMT berlangsung, seluruh masyarakat Indonesia merasa panik dan masuk ke dalam rumah dan tidak ada yang mendokumentasikan peristiwa astronomi yang sangat bersejarah itu.

BACA JUGA: 9 Maret, gerhana matahari total bisa diamati 11 provinsi di Indonesia

Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, saat ini Indonesia bahkan menggelar Eclipse Festival 2016 yang banyak diburu oleh para turis mancanegara yang telah merencanakan berlibur ke Indonesia demi menikmati fenomena gerhana matahari.

Eclipse Festival 2016 akan digelar di Bali hingga Sulawesi, khususnya Sulawesi Utara yang menjadi kota terbaik di Indonesia untuk menyaksikan GMT. Festival ini akan menyuguhkan berbagai acara seni tradisional, seminar, terapi, pembelajaran antropologi dan astronomi, meditasi, film dokumenter hingga acara musik dari musisi-musisi ternama dunia. Festival ini akan menyuguhkan keindahan budaya dan alam yang dimiliki Indonesia khususnya kekayaan alam kota Palu dan sekitarnya.

Loading...

BACA JUGA: Ini persiapan buat nikmati gerhana matahari, momen 40-150 tahun sekali

Berlangsung selama 3 hingga 4 hari, festival ini diperkirakan akan menjadi festival menikmati gerhana matahari paling unik dan ramai di dunia. Penasaran bagaimana acaranya akan berlangsung? Simak video berikut ini.