Brilio.net - Pelajar Indonesia kembali mencatatkan tinta emas di kancah internasional. Kali ini prestasi diukir oleh pelajar Indonesia dari kompetisi the First ASEAN Students Science Project Competition (ASSPC) yang diadakan di Thailand 6-10 Juli 2015.

Tim pelajar Indonesia dari SMAN 83 Jakarta yang terdiri dari Esti Marzeta dan Elsha Cahyani Fadli berhasil meraih prestasi sebagai juara II kategori physical sciences pada ajang tersebut. Mereka yang didampingi tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memenangkan gelar juara ini dengan karya ilmiah pembuatan mini briket dari sampah daun dan serbuk gergaji sebagai alternatif pengganti energi fosil.

Hebat, pelajar Indonesia juara dalam kompetisi sains ASEAN

Dua pelajar SMAN 83 Jakarta ini berhasil berhasil membawa pulang gelar juara ke Indonesia setelah menyisihkan puluhan karya ilmiah pelajar dari berbagai negara ASEAN. "Kami merasa bersyukur atas raihan prestasi ini. Semoga prestasi tersebut membawa semangat dan inspirasi bagi pelajar Indonesia lainnya," ungkap Bayu Satriyawan, guru pembimbing Tim SMAN 83 Jakarta seperti dalam siaran pers LIPI, Sabtu (25/7).

Selain itu, prestasi lainnya yang tak kalah membanggakan ditorehkan salah satu pelajar yang masih tergabung di Tim SMAN 83 Jakarta. Ia adalah Esti Marzeta yang memenangkan Juara I Science Walk Rally dengan kelompoknya yang terdiri dari gabungan pelajar dari berbagai negara.

Loading...

"Saya mengucapkan selamat bagi pelajar yang meraih gelar juara. Untuk yang belum meraih gelar saya ucapkan selamat karena pengalaman berkompetisi ilmiah dengan pelajar negara lain sudah merupakan sesuatu yang berharga bagi bekal masa depan," ujar Kepala Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries S, MA.