Brilio.net - Sperma adalah sel yang keluar dalam air mani saat ejakulasi. Kaum adam mungkin telah mendengar banyak fakta tentang sperma. Sebagai contoh adalah fakta tentang kesehatan sperma yang didasarkan pada motilitas dan bentuknya. Fakta ini hanyalah salah satu fakta menarik tentang sperma.

Nah, berikut 10 fakta yang tak kalah menarik, seperti dirangkum brilio.net dari Indiatimes dan Diply, Jumat (3/6).

BACA JUGA: 6 Benda ini tercipta khusus jombloers, kamu mau cobain?

1. Kalori.

Sperma yang berfungsi untuk melakukan pembuahan terhadap sel telur mengandung lemak, kolesterol dan juga kalori. Bahkan satu sendok makan sperma mengandung sekitar 20 kalori.

Loading...

2. Nilai gizi.

fakta menarik sperma © 2016 brilio.net

Semen atau biasa disebut air mani ternyata sangat bernutrisi. Semen kaya akan protein dan karbohidrat. Namun juga mengandung lemak, zat besi dan kalsium yang bisa mencegah pengeroposan gigi. Tak hanya itu, sperma juga sumber protein yang sangat baik. Untuk pasangan yang ingin hamil, diyakini laki-laki harus memiliki banyak zat besi dalam menu diet mereka untuk membantu dalam produksi sperma yang sehat.

3. Mencegah kanker payudara.

Kurang bahkan jarang melakukan hubungan seksual jadi salah satu penyebab kanker prostat. Namun apakah kamu tahu bahwa dengan mengonsumsi air mani atau semen bisa mencegah kanker payudara? Meski belum diketahui dengan pasti namun menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa sperma yang terkandung dalam air mani memiliki efek anti-kanker. Efek anti-kanker inilah yang dapat mencegah munculnya kanker, terutama kanker payudara.

4. Kesehatan kulit.

fakta menarik sperma © 2016 brilio.net

Air mani mengandung spermidine, suatu senyawa dalam sperma manusia yang bertanggung jawab untuk memperlambat proses penuaan. Spermidine juga berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dengan meningkatkan sel-sel darah manusia. Khasiat inilah yang percaya nggak percaya masih diyakini oleh banyak orang untuk mencegah wajah keriput dan tetap awet muda.

5. Jumlah sperma.

fakta menarik sperma © 2016 brilio.net

Satu kali ejakulasi mengandung hanya lima persen dari sperma yang ada dalam tubuh. Namun faktanya masih banyak pasangan yang sulit hamil. Penyebabnya kemungkinan bukan karena jumlah sperma yang kurang tetap kualitas sperma yang tak cukup untuk pembuahan.

6. Usia sperma.

Sperma bisa hidup di dalam tubuh wanita setelah masuk lewat hubungan seksual selama dua sampai lima hari, bergantung pada siklus menstruasi wanita tersebut.

7. Ejakulasi.

Dalam sekali ejakulasi, setidaknya ada 200 juta sperma yang keluar. Namun saat berhubungan seks jika pria tak melakukan ejakulasi, sperma akan diserap kembali oleh tubuh sehingga tak akan terbuang sia-sia.

8. Sperma yang sehat.

Untuk memiliki sperma yang sehat, penting untuk menjaga suhu testis. Suhu testis harus tujuh derajat lebih rendah dibandingkan dengan suhu tubuh. Jadi, sebaiknya hindari terlalu sering menyilangkan kaki, memakai celana yang terlalu ketat untuk menjaga suhu optimal testis.

9. Gerakan sperma.

fakta menarik sperma © 2016 brilio.net

Meski sperma memiliki zat kimia yang bisa mengarahkan mereka untuk mendekati sel telur, namun seringkali sperma tak patuh pada zat kimia tersebut. Banyak sperma yang cenderung berputar-putar dan tak segera maju untuk menuju sel telur.

10. Bentuk sperma.

Selama ini kita diajarkan bahwa sperma diketahui memiliki kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang. Namun sebenarnya masing-masing sperma berbeda. Ada sperma yang memiliki dua kepala, kepala kecil, kepala besar, beberapa ekor, ekor rusak atau ekor yang bengkok.