Brilio.net - Kesuburan pria memang jadi hal yang sensitif. Tak sedikit orang malu datang ke klinik untuk menanyakan kualitas spermanya. Dilatarbelakangi hal tersebut, sebuah perusahaan Jepang membuat sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi kualitas sperma seorang pria.

Alat yang diberi nama 'Seem' ini, terdiri dari lensa mikroskop, yang bisa secara pas ditempelkan di kamera telepon seluler dan sebuah gelas penampung. Adapun cara kerja alat seharga sekitar Rp 500 ribu itu cukup dengan meneteskan sperma di lensa dan kemudian direkam videonya. Hasil rekaman ini kemudian dianalisa oleh aplikasi Seem ini.

"Hanya membutuhkan satu hingga dua menit untuk mengirim video dan mendapatkan hasilnya. Sangat mudah untuk dilakukan sendiri," kata Ryo Irisawa, pengembang aplikasi 'Seem' seperti dikutip dari Antara, Senin (23/5).

Menurut Ryo, aplikasi di telepon pintar tersebut mampu menganalisa pergerakan sperma lewat kamera dan kemudian menghitung mobilitas serta konsentrasi sel-sel sperma. Bahkan analisa disampaikan dalam bentuk grafik, sehingga orang bisa menguji jumlah spermanya sendiri dan dibandingkan dengan data rerata jumlah sperma sehat yang dipatok oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Wuih, canggih ya!

Loading...