Brilio.net - Ukuran tubuh normal manusia saat ini adalah antara 150-200 sentimeter (cm). Tetapi sebuah penemuan membuat tercengang. Ahli sejarah Malaysia Mohd Fuad Khusari M Said, menemukan makam dengan kerangka manusia masih utuh berukuran panjang antara 3 meter-5 meter di pemakaman Pulau Upeh, Malaka.

Fuad mengungkap, beberapa bagian tulang masih utuh ditemukannya di sekitar makam. Ahli sejarah yang memiliki pengalaman 10 tahun di bidang arkeologi ini mengatakan, temuannya sudah dilaporkan kepada otoritas setempat karena dia tak mempunyai wewenang untuk mengangkatnya.

Berdasarkan ukuran tengkorak dan panjang tulang yang ditemukan, Fuad mengatakan ada kesamaan dengan panjang kerangka di makam Sultan Al Ariffin Syeikh Ismail dan kuburan tujuh sahabatnya di Pulau Besar. Sultan Al Ariffin Syeikh Ismail tercatat keturunan ke-18 Muhammad SAW dan pernah menyebarkan Islam di Tanah Melayu.

"Belum ada upaya pembongkaran terhadap satu makam pun, jadi ukuran besar dan tingginya kerangka masih menjadi misteri," ujar Fuad. Namun, hasil penemuan terakhir bisa menjadi pembenar sekaligus juga penyangkal bahwa pernah hidup manusia dengan ukuran raksasa di Malaka ribuan tahun silam.

(brl/swh)