Brilio.net - Tragedi jatuhnya Lion Air JT 610 di perairan Karawang merupakan bencana yang cukup menyita perhatian. Kasus ini ditangani dengan serius oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan juga tim SAR lainnya yang memiliki tugas penting pada masing-masing bidang.

Tak hanya menjadi pembicaraan di dalam negeri, kasus jatuhnya pesawat anyar seri Boeing 737 MAX 8 ini juga menyita perhatian dunia. Banyak pakar penerbangan yang angkat bicara terkait tragedi ini. Selain itu beberapa pemimpin dunia juga ikut menyampaikan rasa belasungkawanya untuk korban.

Lion Air JT 610 yang sempat hilang kontak kemudian dipastikan jatuh pada Senin (29/10) ini memang masih diselidiki penyebabnya. Kasus ini menimbulkan tanda tanya besar, sebab pesawat tersebut merupakan jenis terbaru dari Boeing yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

Berikut deretan ucapan belasungkawa dari para pemimpin dunia terkait tragedi Lion Air JT 610, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada (30/10).

1. Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Loading...

belasungkawa tokoh dunia © berbagai sumber

"Presiden #Putin mengirim pesan belasungkawa kepada Presiden @Jokowi tentang tewasnya penumpang dan awak pesawat yang jatuh di Jawa. Warga Russia ikut berduka cita kepada mereka yang kehilangan keluarga dan orang terkasih dalam tragedi ini," tulis akun @EmbassyofRussia.

2. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

belasungkawa tokoh dunia © berbagai sumber

"Saya sedih dan terkejut mendengar kabar pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang pagi ini. Saya ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban yang terlibat dalam tragedi ini," ujar Mahathir lewat akun Twitter-nya.

3. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

belasungkawa tokoh dunia © berbagai sumber

"Kabar buruk dari Indonesia pagi ini - Kanada ikut berbelasungkawa yang terdalam untuk semua pihak yang teman, kekasih atau anggota keluarganya ada di pesawat JT 610. Hati dan pikiran saya bersama semua orang yang menjadi korban tragedi ini," tulis Justin Tredeau.

4. Presiden Iran, Hassan Rouhani.

belasungkawa tokoh dunia © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Beda dengan pemimpin lainnya, Rouhani berbicara langsung kepada televisi Iran terkait dengan belasungkawanya atas tragedi Lion Air JT 610. "Kami mengucapkan kesedihan mendalam karena insiden tragis kecelakaan pesawat ini, yang telah  menewaskan warga Indonesia termasuk beberapa pejabat pemerintah," ucap presiden Iran ini seperti dikutip dari Press TV, Selasa (30/10).

5. Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus.

belasungkawa tokoh dunia © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Ucapan belasungkawa dari Paus Fransiskus ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Pietro Parolin. "Dengan kesedihan mengetahui kecelakaan pesawat baru-baru ini di Jakarta, Bapa Suci Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa kepada semua pihak yang menjadi korban tragedi ini," ujarnya seperti dilansir dari laman newindianexpress.

Paus Fransiskus juga mendoakan semua korban tewas dan pihak yang berduka atas kepergian para korban. Beliau juga mendoakan untuk negara Indonesia dan semua yang terlibat dalam upaya penyelamatan agar diberi kekuatan dan ketenangan dari Tuhan Yang Maha Esa.