Brilio.net - Platform konsol untuk bermain game, PlayStation 5 (PS5) diluncurkan pertama kali pada 12 November 2020 tahun lalu. Genap sartu tahun diluncurkan, Presiden sekaligus CEO dari Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, mengungkapkan beberapa hal, salah satunya adalah deretan game-game yang sering dimainkan pada game konsol PlayStation 5.

"Gamer PS5 telah tercatat sebanyak lebih dari 4,6 miliar jam bermain PS5 dan bersiaran lebih dari 26 juta jam konten." ujar Ryan pada blog resmi Playstation (12/11).

Lebih lanjut, Ryan juga mengungkapkan 10 game yang paling sering dimainkan di tahun pertama PS5 berdasarkan jam bermain:

1. Fortnite

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Call of Duty: Black Ops Cold War

3. FIFA 21

4. NBA 2K21

5. Assassin’s Creed Valhalla

6. Destiny 2

7. MLB The Show 21

8. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

9. Demon’s Souls

10 NBA 2K22

Dalam satu tahun tersebut, Ryan juga mengatakan banyak game yang diluncurkan seiring berjalannya umur ke tahun pertama PS5, seperti game Ratchet & Clank: Rift Apart, Returnal, dan Deathloop. Pada periode yang sama, Sony Interactive Entertainment juga mengakuisisi beberapa studio terpercaya seperti Bluepoint Games, Firesprite, Housemarque, dan Nixxes.

Selain itu, Ryan juga mengimbuhkan bahwa PlayStation Studios telah merilis beberapa cuplikan dan judul terbaru untuk game PS5, yakni God of War Ragnarok, Gran Turismo 7, hingga Horizon Forbidden West. Ryan juga mengumumkan bakal ada game versi Remake selaku pameran bulan September, yaitu game Star Wars: Knights of the Old Republic.

Selebihnya, terdapat lebih dari 360 game yang sedang dalam masa publikasi bersama partner PlayStation. Secara ringkas, saat ini ada lebih dari 25 game yang berada dalam proses pengerjaan untuk PS5 di PlayStation Studios.

Pada blog tersebut, Ryan sadar akan permintaan "historik" pada PS5 dan memahami kendala inventaris tetap sumber frustasi bagi pelanggan. Untuk itu, tim PlayStation akan senantiasa mengupayakan memperbanyak pengiriman unit yang tersedia.

"Kami sangat berterima kasih atas kesabaran kalian selagi kami juga menavigasi tantangan global yang belum pernah terjadi. Terima kasih telah menjadi bagian dari komunitas Playstation dan ikut serta selebrasi PS5 hingga saat ini dengan kami," lanjut Ryan pada blog tersebut.

(brl/far)

(brl/far)