Brilio.net - Sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Telegram. Selain berfungsi sebagai sarana bertukar pesan via online, Telegram memiliki deretan fitur yang tak kalah canggih, seperti bisa mengirim gambar berkualitas HD hingga mengirim media atau file berukuran besar.

Karena sudah banyak platform chatting, Telegram tidak mau kalah bersaing dengan aplikasi bertukar pesan lainnya. Pada bulan November ini, Telegram dikabarkan mengeluarkan banyak pembaruan di aplikasinya yang tentunya bakal membuat para pengguna semakin nyaman menggunakan aplikasi berwarna biru tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (10/11), inilah 5 fitur terbaru per bulan November dari Telegram:

1. Scrolling di Shared Media jadi lebih cepat dengan hyper-speed scrolling.

5 Fitur baru Telegram bulan ini © 2021 brilio.net

foto: Telegram

Pengguna Telegram tentunya sudah tau bahwa mereka mendapatkan fitur kapasitas cloud storage yang tak terbatas. Data yang terkirim pada chat laman Shared Media menunjukkan foto, video, musik, maupun file yang telah terkirim. Telegram kini menambahkan bar baru berupa tanggal di sebelah halaman, di mana penguna dapat menarik ke atas hingga ke bawah untuk pengalaman scroll shared media semakin cepat.

2. Tampilan kalender untuk Shared Media.

5 Fitur baru Telegram bulan ini © 2021 brilio.net

foto: Telegram

Untuk mencari media bernama spesifik, pengguna kini bisa dengan cukup menekan bar tanggal untuk membuka antarmuka kalender dengan media previews pada tanggal-tanggal di kalender. Selebihnya, pengguna dapat memfilter shared media untuk menunjukkan hanya foto, hanya video, ataupun keduanya.

3. Nama unik untuk Invite Links.

5 Fitur baru Telegram bulan ini © 2021 brilio.net

foto: Telegram

Perizinan dari admin bisa diaplikasikan dari link manapun pada "Additional Invite Links". Selain itu, Telegram juga menambahkan link-link tersebut nama unik, sehingga pengguna dapat memberi label pada link tersebut untuk mengorganisir.

4. Dapat minta request grup dan channel.

5 Fitur baru Telegram bulan ini © 2021 brilio.net

foto: Telegram

Invite links digunakan pengguna untuk dapat bergabung dalam grup maupun channel. Namun, ketika pengguna menambahkan "Additional Invite Links", ada tambahan pengaturan "Request Admin Approval" untuk memberikan kontrol pada admin mengenai siapa yang hendak bergabung dan melihat percakapan.

5. Tambahan emoji yang interaktif.

5 Fitur baru Telegram bulan ini © 2021 brilio.net

foto: Telegram

Update-an selanjutnya adalah Telegram menambahkan emoji ke semua perangkat sistem operasi. Cukup mengirim emoji hantu, uang dengan sayap, atau labu halloween pada percakapan pribadi dan ketuk emoji tersebut untuk mendapatkan efek full-screen.

INFOGRAFIS FITUR TERBARU TELEGRAM NOVEMBER 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FITUR TERBARU TELEGRAM NOVEMBER 2021-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/guf)

(brl/guf)