Brilio.net - Setelah sempat vakum tahun lalu, salah satu turnamen e-Sports dengan kategori mixed dan ladies terbesar di Asia Tenggara, Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) besutan UniPin bakal kembali digelar tahun ini. Rangkaian UniPin SEACA 2021 yang berlangsung 12-21 November ini akan menghadirkan berbagai turnamen dan hiburan menarik. Ajang ini memperebutkan total prizepool USD46.000 atau setara Rp655 juta.

Nah serunya nih, puncak rangkaian UniPin SEACA 2021 yaitu UniPin SEACA MAJOR 2021 bakal menjadi ajang pertemuan 32 tim e-Sports dari seluruh Asia Tenggara. Di mana 16 tim bertarung untuk kategori open tournament dan 16 untuk ladies tournament. Para tim yang berlaga akan mewakili negara asal mereka yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Myanmar. Indonesia diwakili Belletron Ace dan Evos Reborn. SEACA MAJOR 2021 untuk memperebutkan posisi juara ini akan dilangsungkan pada 19-21 November 2021. 

Senior Vice President UniPin Community Debora Imanuella mengungkapkan, rangkaian UniPin SEACA 2021 digelar sebagai bentuk komitmen berkelanjutan UniPin untuk terus memacu pengembangan, pemberdayaan sekaligus kontribusi ekosistem e-Sports di kawasan termasuk di Indonesia. 

Unipin Turnamen © 2021 brilio.net

"Melalui SEACA tahun ini, kami ingin menggabungkan spirit turnamen dengan pengembangan ekosistem e-Sports secara keseluruhan. Perkembangan e-Sports telah menginspirasi kami untuk terus memperkuat komitmen UniPin bagi industri dan komunitas. Kami ingin seluruh ekosistem, dari players, komunitas, hingga fans dapat berpartisipasi secara luas dan bebas,” kata Debora.

Sementara Ashadi Ang, Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), menyampaikan dukungannya atas diselenggarakannya kembali UniPin SEACA 2021. Menurutnya, keberadaan SEACA sebagai turnamen profesional yang berkelanjutan dan kompetitif merupakan sinyal pertumbuhan positif e-Sports di Asia Tenggara.

“Sebagai organisasi yang menaungi e-Sports nasional, kami juga berharap SEACA dapat menjadi wadah dalam menumbuhkan bibit-bibit atlet potensial dan inspirator-inspirator e-Sports Tanah Air yang mampu menjadi akselerator kemajuan dan kompetensi e-Sports Indonesia di masa depan,“ ujar Ashadi.

Lantas seperti apa keseruan Rangkaian UniPin SEACA 2021, berikut faktanya.

1. Ladies Series SEA Invitational

Unipin Turnamen © 2021 brilio.net

Keseruan ajang ini semakin bertambah karena ada turnamen lain yang ikut menyemarakkan rangkaian acara UniPin SEACA 2021 yakni Ladies Series SEA Invitational. Ini untuk pertama kalinya turnamen para ladies gamer ini menjadi bagian dari UniPin SEACA.   

Setelah sebelumnya diselenggarakan terbatas hanya untuk ladies scene di Indonesia, turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan ini akhirnya diperluas ke level regional. Dari babak kualifikasi tingkat negara yang telah diselenggarakan sejak Agustus sampai Oktober, terdapat total 10 tim dari 6 negara yang akan beradu skill untuk memperebutkan gelar juara Ladies Series SEA Invitational musim pertama ini.

Turnamen Ladies Series SEA Invitational akan menghadirkan berbagai tim pro ladies yang berhasil menjuarai qualifier di masing-masing negara seperti Belletron Era, Evos Lynx, RRQ Mika, dan GPX Ladies (Indonesia), Rose Ophelia (Malaysia), LVD Huntress dan Arkangel FE (Filipina), dan tim-tim lainnya yang tak kalah hebat. Babak final Ladies Series Invitational SEA ini akan menjadi ajang pembuktian siapakah tim ladies terhebat di Asia Tenggara.

2. Bincang seru SEA Talks

Unipin Turnamen © 2021 brilio.net

Selain turnamen, UniPin SEACA 2021 juga akan menggekar SEA Talks bagi penggemar dan komunitas e-Sports yang ingin menggali lebih banyak tentang isi industri ini. Seri webinar yang berlangsung mulai 12-14 November ini akan diisi sederet pembicara internasional seperti Shinta Dhanuwardoyo (Founder Bubu Gaming & Angel Investor of Morph Team), Carlos Alimurung (CEO One Esports), Allan Phang (CMO Galaxy Racer) dan Harris Hartman (CBO EVOS Esports). Acara SEA Talks ini terbuka untuk umum, siapapun dapat mengikuti tanpa dipungut biaya lho.

3. SEA Cosplay Competition

Unipin Turnamen © 2021 brilio.net

Rangkaian acara UniPin SEACA 2021 juga menghadirkan keseruan bagi para penggemar cosplay, khususnya fans Genshin Impact. Di mana akan ada SEA Cosplay Competition yang akan digelar pada 20 November 2021. Para cosplayer ternama akan menunjukkan keahlian mereka dalam merancang dan mengenakan kostum karakter Genshin Impact terbaik yang tentunya telah dinanti-nanti para fans Genshin dari seluruh Asia Tenggara.

4. Main mini games

Unipin © 2017 brilio.net @yans_brilio 

Pengunjung UniPin SEACA 2021 juga dapat memainkan mini games, mengunjungi virtual photobooth, dan mengumpulkan poin untuk ditukarkan dengan merchandise eksklusif dari UniPin melalui berbagai aktivitas dan rangkaian acara lainnya yang tersedia di UniPin SEACA 2021.