Brilio.net - Garena belum lama ini mengumumkan gelaran turnamen dunia Free Fire World Series 2021 Singapore (FFWS 2021 SG). Ajang ini diklaim sebagai turnamen dengan total hadiah terbesar sepanjang sejarah kompetisi eSports Free Fire. 

Bayangkan saja, totalnya mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp28 miliar, fantastis. Turnamen yang bakal berlangsung di Singapura pada Mei 2021 ini sekaligus menandai awal kembalinya turnamen eSports internasional Free Fire yang normal, setelah sebelumnya diadakan secara online.

Justin Lye, Global Esports Manager Garena mengungkapkan, pihaknya mengetahui bahwa world series sangat dinantikan para pemain dan penggemar. Karena itu Garena bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memastikan dapat menggelar turnamen ini. “Keselamatan telah dan akan terus menjadi prioritas terbesar kami saat melaksanakan acara tersebut,” tegas Justin.  

FFWS 2021 SG © 2021 brilio.net

Executive Director Attractions, Entertainment, and Tourism Concept Development for Singapore Tourism Board, Jean Ng mengatakan, pemerintah Singapura bangga dapat mendukung Garena dalam penyelenggaraan FFWS 2021 SG, salah satu turnamen eSports terkemuka di dunia.

Loading...

“Kembalinya acara tersebut membuktikan reputasi Singapura yang berkembang sebagai tujuan eSports serta kemampuan kami untuk menyelenggarakan acara tersebut dengan aman. Kami berharap dapat menyambut semua tim yang memenuhi syarat ke Singapura, dan bekerja sama dengan penyelenggara menuju acara yang aman dan sukses,” papar Jean.

Sementara Nicholas Khoo, co-founder SCOGA senang karena Garena telah memilih Singapura untuk turnamen Free Fire World Series yang ikonik ini. Acara ini adalah salah satu yang terbesar secara global dan akan menjadi pendorong besar bagi ambisi Singapura di bidang eSports.

“Ini jelas merupakan peristiwa penting dan kami berharap dapat menjamu semua peserta dengan aman di Singapura saat mereka bersaing untuk mendapatkan kebanggaan dan kejayaan,” ungkap Nicholas.   

Nah seperti apa turnamen yang digadang-gadang menjadi kompetisi eSport Free Fire terbesar ini, berikut faktanya.

1. Gamers seluruh dunia bakal berkumpul nih

FFWS 2021 SG © 2021 brilio.net

World Series merupakan turnamen eSports terbesar dan paling ikonik dari Free Fire. Turnamen perdananya yaitu Free Fire World Series 2019 ditonton lebih dari 2 juta penonton dalam waktu bersamaan. Pencapaian ini pun yang kemudian menjadi rekor dunia untuk turnamen eSports game selular pertama menurut Esports Charts.

2. Jadwal penyelenggaraan diundur

FFWS 2021 SG © 2021 brilio.net

Sebelumnya diumumkan bahwa babak play-ins turnamen ini akan digelar pada 24 April dan final pada 1 Mei. Namun karena karena situasi pandemi global, penyelenggaraannya diundur menjadi 22 Mei (play-ins) dan babak finals pada 29 Mei.

3. Tim yang bakal berlaga

FFWS 2021 SG © 2021 brilio.net

Sebanyak 22 tim dari 14 kawasan akan bertanding di Singapura untuk menjadi juara dunia Free Fire. Babak play-ins akan mempertemukan 12 tim yang menempati posisi pertama atau kedua di turnamen tingkat regional masing-masing.

Dua tim teratas kemudian akan bergabung dengan 10 tim terbaik dunia yang sudah menunggu di babak final. Seluruh tim akan bertanding dalam 6 putaran, di 3 peta, untuk menjadi yang terakhir bertahan hidup, dengan poin berdasarkan peringkat setiap putaran dan jumlah kills.

4. Konten eSports berkualitas dan aman

FFWS 2021 SG © 2021 brilio.net

Turnamen ini menjadi bukti komitmen Garena dalam upaya menyediakan konten eSports yang menarik dan kompetitif bagi komunitas global. Semuanya dilaksanakan dengan tetap memprioritaskan keselamatan semua anggota yang terlibat. 

Garena memastikan bahwa semua aktivitas sejalan dengan protokol kesehatan masyarakat dan kebijakan perjalanan yang berlaku.

Dalam penyelenggaraan turnamen ini Garena mendapat dukungan dari Singapore Tourism Board (STB) dan bekerja sama dengan berbagai pakar dan organisasi industri seperti Singapore Cybersports and Online Gaming Association (SCOGA).

Yuk dukung tim Indonesia!