Brilio.net - Ponsel terbaru dari Google, Google Pixel 6, hadir dengan software operasi sistem terbaru juga, Android 12. Sistem operasi terbaru ini mengusung banyak fitur-fitur terbaru di dalamnya. Hal ini tentu saja merupakan hal positif bagi para pengguna karena mereka dapat mengeksplorasi beraneka ragam sesuatu yang baru.

Fitur-fitur di dalam Android 12 ini tentu akan membutuhkan waktu agar penguna terbiasa mengoperasikannya. Namun selain itu, ada beberapa fitur yang mungkin kurang diketahui oleh para pengguna Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Minggu (14/11), berikut cara memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat pada HP dari Google terbaru, Pixel 6:

1. Buat sensor sidik jadi semakin handal.

Fitur sensor fingerprint pada Pixel 6 tidak begitu mengusung banyak unsur baru. Untuk itu, cukup register jari yang hendak dijadikan pembuka ponsel beberapa kali. Cukup akses di Settings > Security > Fingerprint unlock. Pilih 'Add fingerprint' dan scan jari yang sama. Hal ini akan membuat sensor fingerprint semakin akurat.

2. Mode satu tangan.

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro memiliki layar yang lebar. Beberapa pengguna bakal kesusahan untuk mengakses HP hanya dengan satu tangan. Akses fitur mode satu tangan pada Android 12 milik Pixel 6 di Settings > System > Gestures > One-handed mode.

3. Ketuk belakang HP untuk tangkap layar (screenshot).

Ternyata Pixel 6 juga mengusung fitur serbaguna untuk menangkap layar lho. Hanya dengan mengetuk bagian belakang HP, screenshot atau tangkap layar akan secara otomatis dilakukan oleh ponsel tersebut. Cara mengaktifkannya, pergi ke Settings > System > Gestures > Quick Tap.

4. Cara cepat akses Google Pay dari Lock Screen.

Selain fitur screenshot yang handal, Pixel 6 juga kedapatan fitur untuk langsung akses ke Google Pay dari lock Screen. Ketika ponsel terkunci, pengguna bisa melihat ada ikon kartu kecil pada bagian bawah layar. Cukup tekan ikon tersebut untuk mengakses ke GPay dan bayar-bayar jadi lebih simpel.

5. Keyboard multilingual.

Jika kamu menggunakan lebih dari satu bahasa, kamu akan sadar fitur Keyboard Multilingual pada Pixel 6 sangat berguna. Hal ini tentu akan efisien dari pada pengguna harus pilih secara konstan bahasa yang hendak dipakai. Cara aksesnya, pergi ke Settings > System > Languages > Gboard > Pilih bahasa dan 'add keyboard.'

6. Cara cepat matikan akses mikrofon dan kamera.

Cara akses fitur baru ini sangatlah cepat. Pengguna hanya pergi ke Settings > cari Camera dan Mic toggles > ketuk salah satu untuk memblokir kamera dan mikrofon. Dengan ini, tak ada aplikasi yang dapat mengakses mikrofon dan kamera.

7. Matikan laman Google Discover.

Pada bagian kiri Home Screen, kamu akan selalu melihat laman Google feed yang menunjukkan berita maupun video yang relevan dengan keseharian kamu mengakses HP. Ternyata, kamu bisa mematikkan fitur ini juga lho. Ketuk lama pada Home Screen wallpaper > pilih Home setting > matikan fitur ini pada opsi 'Swipe to access the Google app.'

8. Wireless charging terbalik.

Reverse wireless charging atau pengisian nirkabel terbalik milik Google Pixel adalah Battery Share. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengisi daya batere ponsel tanpa kabel hanya dengan menaruh ponsel bagian belakang pada sebuah perangkat. Pengguna cukup membalikkan ponsel Google Pixel dan taruh wireless charging yang mendukung pada perangkat Google Pixel.

9. Bisa tampilkan history musik yang didengar.

Fitur untuk menampilkan nama artis dan musik yang sedang didengar mungkin sudah ada pada ponsel Pixel sebelumnya. Hal ini dapat didapat ketika pengguna mendekatkan HP pada musik di sekitar. Untuk mengakses fitur ini, pilih Settings > Display > Lock Screen > dan pilih akitfkan pada 'Now Playing.'

10. Bisa tampilkan gambar "RAW" pada camera.

Bila pengguna ingin memilih secara manual format gambar RAW dan JPE, pengguna cukup buka Camera > Settings cog > pilih More Settings > Advanced > aktifkan opsi 'RAW+JPEG'.

11. Easter egg Android 12.

Semua pengguna Android tahu bahwa ponselnya selalu ada Easter egg. Untuk mendapatkannya pun cukup sama dengan Android versi sebelumnya, pergi ke Settings > About Phone > Android Version > ketuk Adroid Version secara berulang untuk mendapatkan easter egg versi Android 12.

(brl/far)

(brl/far)