Brilio.net - Anak muda Indonesia pasti nggak asing kan dengan LINE. Aplikasi chatting yang dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti LINE Webtoon dan LINE Today ini digunakan hampir semua pemilik smartphone di Indonesia. Kamu iya juga kan tentunya?

Melalui misi bertemakan "Closing the Distance", LINE berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui kontribusi dalam pembangunan industri kreatif sebagai salah satu pilar dalam pembangunan ekonomi nasional. Berdasarkan Badan Pusat Statistik periode 2010 – 2013, sektor ekonomi kreatif rata-rata telah menyumbang 7,8% terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan dipercaya dapat menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era globalisasi, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami percaya bahwa setiap orang memiliki jiwa kreatif dan sebagai Smart Portal, LINE bisa menjadi platform terbaik untuk eksplorasi kreativitas dan berkarya. Sebagai lanjutan kontribusi terhadap industri kreatif Indonesia, LINE kembali bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan menyelenggarakan LINE CREATIVATE 2016, digital creative space, acara kompetisi kreatif terbesar di Indonesia dan terbesar dari LINE se-Asia Tenggara –yang akan dilaksanakan pada 18–20 November 2016," ujar Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia.

LINE CREATIVATE 2016 merupakan ajang kompetisi kreatif bagi talenta lokal Indonesia untuk berpeluang ikut serta, mengeksplorasi, dan mengembangkan potensi melalui kompetisi-kompetisi kreatif, serta meningkatkan daya saing para kreator LINE dalam rangka pembangunan digital creative ecosystem.

"Untuk mendorong semangat serta memotivasi talenta lokal untuk berkompetisi dan mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki, LINE CREATIVATE 2016 akan menghadirkan kompetisi LINE WEBTOON (komik digital), LINE Sticker (ilustrasi stiker), serta untuk pertama kalinya di Indonesia, bekerja sama dengan Dicoding, LINE menghadirkan kompetisi Game Developer. Acara ini dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia dan berhadiah puluhan juta rupiah serta kesempatan bagi karya yang dihasilkan untuk ditampilkan dalam platform LINE," ujar Ongki Kurniawan.

Dengan target 10.000 partisipan kompetisi kreatif, LINE CREATIVATE 2016 menampilkan jajaran juri terkenal seperti Junkoo Lim yang merupakan LINE Webtoon Founder, Joshua Simandjuntak selaku Deputi Pemasaran Bekraf, Faza Meong si Kreator Webtoon Si Juki, LINE Editorial Stiker Team, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi juri, Bekraf juga akan melakukan rangkaian roadshow ke lima kota di Indonesia (Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Medan) yang akan dimulai pada 8 Oktober mendatang dan LINE akan turut berpartisipasi.

"Melalui kompetisi LINE CREATIVATE 2016, kami ingin membuka peluang bagi para insan kreatif Indonesia untuk me-monetize, terhubung, dan menampilkan karyanya ke pasar lokal dan internasional. Ayo jadi bagian dari LINE CREATIVATE 2016 dan bersama-sama berkontribusi kreatif untuk Indonesia!" tutup Ongki Kurniawan.

Line Creative 2016 1-3 © 2016 brilio.net

Tentang Kompetisi LINE CREATIVATE 2016:
Kompetisi LINE Webtoon:
Sebagai platform komik digital, LINE WEBTOON di Indonesia mengajak masyarakat untuk berkarya melalui tema "Keseharian di Indonesia". Melalui tema tersebut, LINE WEBTOON mengajak masyarakat untuk membuat komik digital mengenai hal-hal khas dan hanya ada di Indonesia dengan cerita yang selesai hanya dalam satu episode.

Kompetisi LINE Sticker:
Sebagai salah satu ciri khas dari Smart Portal LINE, LINE mengajak masyarakat untuk berkarya membuat ilustrasi stiker melalui tema Kehidupan Sehari-Hari.

Kompetisi LINE Game Developer:
Merupakan kompetisi untuk para game developer indie pertama di Indonesia dan melalui kompetisi ini, LINE memberikan kesempatan bagi para pemenang untuk berkontribusi dan menghasilkan karya kreatif dalam bentuk game digital untuk Indonesia.

Informasi LINE CREATIVATE 2016 dapat dilihat di www.LINEcreativate.com