Brilio.net - Selain WhatsApp, aplikasi berkirim pesan yang populer di dunia adalah LINE. Banyak sekali pengguna smartphone yang memilih LINE sebagai aplikasi berkirim pesan karena banyaknya stiker yang variatif.

Di LINE, pengguna juga bisa mengikuti berbagai akun resmi dari produk, situs berita, atau artis favorit.

Nah, buat kam pengguna LINE, apakah kamu sudah pakai aplikasi itu secara maksimal? Pasti banyak yang belum kamu tahu kan?

Biar kamu tambah pintar pakai LINE, yuk lihat 10 trik berikut yang dilansir brilio.net dari Hongkiat, Jumat (10/6).


1. Cara menghentikan auto friend, agar saat menambahkan kontak di phonebook tak otomatis tertambahkan di LINE.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Saat kamu memasukkan nomor telepon baru di phonebook smartphonemu, biasanya pasti otomatis jadi teman di LINE kan? Nah, kalau kamu tak mau begitu, ternyata ada caranya. Pilih More > Settings > Friend > Hapus tanda centang pada Allow Other to Add.

Dengan cara ini, kontak baru yang kamu tambahkan tak otomatis menjadi teman kamu di LINE. Ssst... Belum banyak yang tahu cara ini lho!


2. Ubah kualitas foto agar tak boros paket data.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Kualitas foto yang kamu kirim ke temanmu di LINE ternyata bisa diubah ke kualitas yang rendah agar lebih hemat paket data. Tentu ini cara jitu buat kamu yang sering kebobolan paket data.

Caranya klik More > Settings > Pilih Chats & Voice > lalu ubah kualitas foto dari normal ke rendah (low).


3. Cara mengganti nomor di smartphone yang sama tanpa kehilangan chat story.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Saat nomormu sudah teregistrasi di LINE, kamu tak bisa menghapusnya. Jika kamu ingin mengganti nomor LINE-mu dengan yang baru, kamu bisa memback-up chat history sebelum mengganti nomornya.

Setelah itu, pilih More >  Settings > Account > Link Facebook > Log in Facebook dan izinkan akses. Setelah itu uninstall LINE-mu, kemudian install lagi untuk dimasuki nomor baru. Jika ada permintaan PIN dan kamu tak punya, masukkan saja 4 digit terakhir dari nomor teleponmu yang lama teregister.


4. Ubah ringtone defaultmu.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Buat anti-mainstream, kamu bisa ubah ringtone defaultmu agar tak sama dengan lainnya. Tentu dengan ringtone yang berbeda, kamu bisa mengidentifikasi pesan masukmu sendiri saat sedang kumpul bareng dengan teman se-geng. Caranya pilih More > Settings > Notifications > Tone > lalu pilih ringtone lain sesukamu.

Pasti temanmu bakal tanya deh, bagaimana cara mengubah ringtonemu itu.


5. Nggak cuma Skype dan hangout, LINE juga bisa digunakan untuk group call.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Banyak orang pasti sudah tahu jika LINE bisa digunakan untuk menelepon. Tentu menelepon dengan LINE akan menghemat pulsa karena yang digunakan paket data. Jika kamu ingin telepon rame-rame dengan teman se-geng, kamu bisa manfaatkan group call.

BACA JUGA: 16 Komik strip ini sindir gaya hidup orang modern, awas kamu juga tersinggung!


6. Delete, Forward, atau Save to Note pesan chattingmu.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Kamu bisa menyimpan pesan chattingmu yang penting di Notes. Dengan begitu kamu bisa melihatnya sewaktu-waktu tanpa kebingungan scroll chatting lagi.


7. Backup Chat History.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Chat history tak secara otomatis disimpan oleh LINE. Kamu perlu membackup sendiri historymu agar tak hilang. Untuk membackupnya, masuk ke chatroom dari percakapan yang ingin kamu simpan, lalu tekan tombol ke bawah di bagian kanan atas, lalu pilih Chat Settings. Pilih Cackup Chat History > Pilih Backupp All.


8. Ini nih, caranya membagikan update di timeline ke chat.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Apa yang muncul di timelinemu bisa dibagikan ke temanmu atau ke grup lho! Caranya mudah saja. Pilih dan tahan timeline yang ingin dishare > Lalu pilih To Chat > Pilih chat atau grup yang ingin kamu kirimi.


9. Manfaatkan Shake It! buat add teman baru.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Saat kamu bertemu dengan teman baru dan ingin berkomunikasi via LINE, kamu pasti minta ID LINE kan? Nah, mulai sekarang coba deh kamu manfaatkan fitur Shake It! kamu cukup menggoyangkan smartphonemu saja agar bisa berteman dengan akun LINE teman yang ada di hadapanmu.


10. Biar nggak bosan, kamu juga bisa ubah tema LINE dan ubah wallpaper chatmu agar tampak spesial.

trik cerdas LINE © 2016 brilio.net

Cara ubah tema LINE adalah klik More > Settings > Themes > My Themes > Lalu pilih Cony atau Brown. Kamu juga bisa memilih tema lain yang sudah kamu unduh di Theme Shop.

Untuk mengubah wallpaper chat tertentu, pilih chat yang akan kamu ubah wallpapernya > Settings > Chat Wallpaper > Llau pilih wallpaper kesukaanmu. Kamu juga bisa gunakan foto sendiri kok.