×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Efek negatif terlalu sering bermain media sosial

View Image

0

BRILIO » Gadget

6 Efek negatif terlalu sering bermain media sosial

Salah satunya bikin mudah cemas.

04 / 04 / 2019 23:04

Brilio.net - Munculnya media sosial di era modern saat ini mengajarkan manusia untuk bisa berpikir lebih maju. Ada banyak media sosial yang bisa dimainkan melalui handphone, misalnya Instagram, Facebook, Line, WhatsApp, Twitter dan masih banyak lagi lainnya.

Dari media sosial, orang dimudahkan untuk melakukan aktivitas dengan cepat. Seperti berkenalan dengan orang lain, berjualan, mempromosikan diri, bertukar informasi, bertukar pesan cepat, video call, dan lainnya. Hampir semua kalangan bermain media sosial, tidak hanya masyarakat biasa bahkan orang-orang terkenal dan populer juga sering bermain media sosial.

Bahkan media sosial bisa dijadikan sarana mudah untuk mencari kepopuleran dan menghasilkan uang. Orang juga bisa menjadi terkenal dengan mudah menggunakan media sosial. Semua kemudahan itu membuat orang menjadi kecanduan media sosial. Dalam sehari, sebagian orang bermain medsos bisa lebih dari 8 jam, melebihi aktivitas kerja.

Ketergantungan pada media sosial dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mental yang tidak kamu sadari. Terdapat banyak godaan dari media sosial, membuatmu menjadi sulit lepas dari media sosial.

Muncul perasaan cemas ketika kamu tidak memeriksa media sosial untuk beberapa menit saja, bahkan kebiasaan bermain media sosial rutin dilakukan sebelum dan saat bangun tidur. Berikut brilio.net rangkum efek negatif karena terlalu sering bermain medsos, dari berbagai sumber pada Kamis (4/4).

Loading...

1. Tidak percaya diri.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pixabay

Ketika kamu sudah kecanduan media sosial, akan timbul perasaan gangguan harga diri. Kamu tidak akan sadar seberapa sering kamu bermain dan melihat profil orang lain. Saat kamu melihat orang lain lebih sempurna dibanding dirimu, muncullah gangguan harga diri.

Kamu merasa harga dirimu turun dan kamu akan mulai membandingkan dengan profil orang lain. Kecemburuan itu bisa berdampak buruk hingga kamu tidak fokus pada masalahmu sendiri. Kamu juga akan mulai mencari hal-hal yang sebenarnya tidak kamu sukai, tetapi demi kesempurnaan di depan media sosial kamu rela melakukannya.

"Ketika kita memperoleh rasa layak berdasarkan pada bagaimana kita melakukan relatif terhadap orang lain, kita menempatkan kebahagiaan kita dalam variabel yang sepenuhnya di luar kendali kita," Dr Tim Bono, penulis buku When Likes Aren Enough Cukup dilansir dari independent.co.uk.

2. Menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pixabay

Sebagai manusia, sangat penting untuk selalu menjaga komunikasi dengan orang lain. Namun hal itu bisa menjadi sulit ketika kamu cenderung lebih asyik bermain media sosial. Memang media sosial adalah sarana kamu agar bisa bertemu dengan orang lain. Namun dari media sosial juga kamu bisa jauh dari orang yang ada di dekatmu.

3. Insomnia.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pexels

Tidur yang cukup merupakan suatu hal yang sangat penting bagi tubuh. Namun saat ini banyak yang keasyikan bermain media sosial, sehingga lupa dan sulit tidur. Dilansir dari independent.co.uk orang yang sudah kecanduan media sosial akan mengalami rasa cemas yang berlebih. Terutama menyangkut kehidupan di dunia maya, lalu ia menjadi selalu waspada dan terus berjaga-jaga di depan hp. Sehingga ia lebih memilih melihat handphone dibanding tidur.

4. Mengganggu kekuatan ingatan.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pexels

Media sosial menjadi salah satu media penyimpanan kenangan yang telah berlalu. Sehingga kamu bisa membuka kembali agar bisa mengingat kembali bagaimana peristiwa masa lalu terjadi. Namun, dari keseringan bermain media sosial itu menganggu sistem ingatan di otak. Khususnya caramu mengingat informasi tertentu dari kehidupan.

Saking sibuk memikirkan hasil foto yang paling bagus, kamu sampai tidak bisa menyerap pengalaman yang terjadi waktu itu. Sehingga mata tidak dapat menyalurkan secara langsung kepada otak mengenai ingatan itu.

5. Menurunkan stabilitas hormon.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pexels

Cahaya yang muncul dari layar handphone yang sangat dekat dengan mata, dapat menekan pelepasan melatonin. Hormon yang bisa membuat dirimu merasa lelah dengan cepat. Maka dari itu mulai sekarang kamu harus mulai mengatur ketat aturan jarak layar dengan mata. Kamu juga sebaiknya tidak bermain media sosial 40 menit hingga satu jam sebelum tidur.

6. Mengganggu konsentrasi.

Efek buruk bermain media sosial pixabay

foto: pexels

Bukan hanya otak bawah sadarmu yang perlu kamu khawatirkan, tetapi juga sejauh mana otakmu dapat berkonsentrasi penuh ketika kamu bangun. Meskipun banyak informasi yang bisa didapat dari media sosial, itu juga berarti bahwa orang menjadi jauh lebih mudah terganggu.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more