Brilio.net - Di tengah persebaran virus corona (Covid-19), sebagian besar perusahaan menerapkan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Selain anjuran pemerintah, cara ini juga merupakan salah satu langkah untuk menekan angka sebaran vorus corona.

Tentu saja untuk bekerja dari rumah dan tetap lancar tanpa kendala, memerlukan beberapa instrumen pendukung. Salah satunya adalah berbagai aplikasi yang memudahkan.

Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan, mulai dari urusan meeting, mengatur jadwal, hingga recording. Berikut ini rekomendasi dari Leskompi, rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung WFH.

1. Zoom

Aplikasi WFH © 2020 brilio.netSarah Tew/CNET

Loading...

Salah satu aplikasi yang begitu naik daun dan populer selama masa pandemi COVID-19 ini adalah Zoom. Fiturnya begitu memudahkan para pekerja dari rumah. Salah satu yang paling digemari orang adalah layanan video conference, semua anggota tim bisa bergabung melakukan meeting online bersama mencapai 500-1000 peserta dengan kualitas gambar dan audio yang bagus.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan aplikasi ini adalah bisa digunakan di perangkat komputer atau laptop dan juga smartphone. Selain video conference, banyak juga layanan lain yang membuat aplikasi besutan Eric Yuan banyak digunakan. Sebut saja fitur kirim file berupa foto, audio, dan lain sebagainya.

Satu hal lagi yang belakangan yang membuat aplikasi ini viral, yakni para pengguna bisa mengubah background saat pengguna melakukan video call. Banyak orang-orang secara kreatif membuat background sedang liburan ke pantai, Paris, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar tidak terlalu jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan, serta menghindari background yang kurang pantas.

2. WhatsApp

Aplikasi WFH © 2020 brilio.netzalox.com

Sudah menjadi rahasia umum jika aplikasi perpesanan ini memiliki banyak pengguna di berbagai belahan dunia. Dalam dunia kerja, aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini juga begitu berperan penting. Bisa digunakan secara lebih maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan. Orang-orang menggunakannya sebagai media komunikasi yang lebih ringan, cepat, dan gampang digunakan.

Banyak fitur di WhatsApp yang menunjang WFH. Misalnya saja bisa mengirim file dalam berbagai bentuk, foto, video, dan juga suara. Bisa juga melakukan video call. Selain itu, guna menunjang pekerjaan tim lebih maksimal, sekarang pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur group video call menjadi delapan peserta sekaligus.

Seperti diketahui, sebelumnya panggilan video group ini hanya digunakan maksimal empat orang saja. Namun seiring maraknya WFH, aplikasi ini terus menyesuaikan. Fitur terbaru ini bisa digunakan di perangkat Android atau Ios. Dengan syarat melakukan pembaruan ke versi yang lebih baru.

3. Skype

Aplikasi WFH © 2020 brilio.netnashvillechatterclass.com

Skype juga masuk ke dalam jajaran aplikasi yang naik daun dan banyak digunakan oleh mereka yang melakukan kerja dari rumah. Aplikasi ini sudah ada sejak Agustus 2003 dan pamornya semakin naik berkat WFH. Fitur layanannya beragam, dan memang memudahkan mereka yang kerja remote. Ada yang versi gratis, ada pula yang berbayar. Tentu saja, versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.

Pada Skype versi gratis, para pengguna bisa melakukan video conference dengan jumlah maksimal 25 orang. Sementara Skype Bisnis pesertanya bisa sampai 250 orang. Selain itu ada pula fitur unggulan lainnya, yakni bisa merekam panggilan hingga 30 hari. Selain itu bisa mengubah background serta membagikan bahan presentasi yang akan dibahas bersama dengan tim. Gratis atau berbayar tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan tentunya.

4. Google Hangout

Aplikasi WFH © 2020 brilio.net9to5google.com

Google Hangout juga menjadi aplikasi yang turut populer di tengah pandemi corona. Produk besutan Google ini juga memenuhi syarat aplikasi yang menunjang WFH. Mulai dari perpesanan instan, video, SMS, dan juga conference call. Fitur konferensi video ini juga memiliki banyak layanan di dalamnya, bisa mengadakan polling, sampai membagikan whiteboard sehingga para peserta lain bisa berkontribusi.

Dalam Google Hangout, bisa melakukan conference call mulai dari 10-25 orang, dan ini bisa digunakan secara gratis. Ditambah lagi, mereka yang menggunakan aplikasi ini bisa terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Mulai dari Gmail, Calendar, Drive, dan lain-lain. Versi berbayar ada Hangout Meet yang bisa menampung peserta conference call sampai dengan 250 orang.

5. Trello

Aplikasi WFH © 2020 brilio.netTwitter @trello

Trello merupakan aplikasi kolaborasi yang fiturnya memungkinkan anggotanya untuk memantau proyek yang sedang dilakukan. Orang-orang yang terdapat di dalam grup tertentu bisa mengetahui semuanya, siapa, apa, dan sejauh mana yang sedang dikerjakan. Ada empat fitur utama yang ditawarkan Trello, yakni Boards, Lists, Crads, dan juga Menu.

Bagian paling penting dari semua fitur yang ditawarkan adalah Cards. Fungsinya menampilkan tugas-tugas. Di dalamnya bisa melakukan chatting, mengunggah tugas, dan lain-lain. Keunggulan lainnya, Trello tersedia dalam 21 bahasa yang berbeda.

Itulah beberapa aplikasi yang sedang naik daun dan banyak digunakan mereka para pelaku kerja yang sedang melakukan WFH. Tentunya, aplikasi yang digunakan tergantung dengan kebutuhan.