Brilio.net - Smartphone berbasis Android saat ini bisa menyaingi iOS. Salah satu kelebihan Android adalah sistem operasinya yang terbuka dan bisa dimodifikasi dengan tampilan lebih unik dari bawaannya.

Kegiatan mengubah sistem operasi ini dikenal dengan custom ROM. Dalam melakukan custom ROM, para pengguna Android nggak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan masalah untuk Android itu.

Nah buat pengguna Android yang masih pemula dalam hal custom ROM, brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (14/6), empat cara melakukan custom ROM.

1. Lakukan root pada Android.

custom rom berbagai sumber

Loading...

foto: pinterest

Root adalah langkah pertama kalau mau melakukan custom ROM. Root adalah aplikasi untuk membobol sistem Android agar bisa menghapus sistem operasi di dalamnya, kemudian diinstal dengan sistem operasi yang diinginkan.

Aplikasi untuk root bisa di-download di PlayStore. Biasanya aplikasi yang digunakan adalah Frama Root. Setelah menginstal Frama Root, tinggal buka aplikasi dan instal juga Super SU di dalam aplikasi Frama Root. Android kamu pun sudah di-root.

2. Download TWRP.

custom rom berbagai sumber

foto: pinterest

Setelah melakukan root, pengguna bisa menginstal aplikasi TWRP tanpa PC. Pengguna Android hanya perlu mengunduh aplikasi Flashify dari PlayStore. Setelah terinstal tinggal buka dan unduh TWRP.

Setelah selesai di unduh, pindahkan TWRP dari folder download ke folder bagian luar penyimpanan telepon, agar mudah digunakan saat Instal TWRP.

3. Instal TWRP.

custom rom berbagai sumber

foto: pinterest

Untuk Instal TWRP, Android harus dibawa ke mode sistem recovery. Masuk ke mode recovery bisa dilakukan dengan mematikan Android dan menyalakan lagi sambil memencet tombol volume bawah, dan masuk ke mode recovery.

Setelah masuk mode recovery tinggal wipe data atau hapus data. Kemudian pilih bagian instal, lalu pilih file TWRP yang sudah diunduh dan tinggal diinstalkan.

4. Instal ROM pilihan.

custom rom berbagai sumber

foto: unsplash.com

Setelah TWRP diinstal, kini saatnya menginstal ROM sesuai dengan ROM yang diinginkan. Pengguna harus mengunduh ROM yang cocok dengan merk Android yang digunakan.

Setelah mengunduh ROM, jangan lupa untuk mengeluarkan file ROM yang sudah diunduh ke folder penyimpanan internal yang paling luar.

Setelah dipindahkan, matikan Android dan kembali masuk ke mode recovery dan kembali pilih bagian instal, dan pilih file ROM pengganti yang sudah diunduh. Setelah proses menginstal selesai, maka tampilan Android kamu sudah berubah dan tinggal menginstal aplikasi pelengkap saja.