Brilio.net - Pengguna Android semakin hari semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena memang perkembangan Android sangat pesat dan menjadi satu-satunya pesaing iOs yang masih bertahan di kelas smartphone.

Penyebab pengguna Android sangat banyak adalah karena sistem Android yang lebih terbuka dan banyak seri yang lebih murah. Selain itu Android lebih bisa memanjakan orang-orang yang hobi mengoprek teknologi.

Namun sistem Android yang lebih terbuka ini ternyata menimbulkan satu masalah. Android bisa bootloop jika ada kekeliruan saat mengoprek sistem. Sekadar diketahui, bootloop adalah kejadian ketika Android gagal sistem, melakukan restart dan berhenti di posisi loading mati menuju nyala.

Nah, buat pengguna Android, jika kamu pengguna Android lalu pernah mengalaminya dan belum mengetahui penyebab pastinya, berikut 4 penyebab Android bootloop dan cara mudah mengatasinya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (12/6).

1. Custom ROM.

Loading...

android bootloop berbagai sumber

foto: unsplash.com

Custom ROM adalah kegiatan menginstal ulang Android dengan sistem operasi baru yang akan membuat tampilan Android kamu berbeda dari tampilan bawaan pabriknya. Kegiatan ini sangat riskan membuat Android bootloop, karena bisa saja kamu menginstal file yang kurang begitu cocok dengan Android kamu.

2. Instal MOD.

android bootloop berbagai sumber

foto: unsplash.com

Menginstal MOD adalah kegiatan yang akan dilakukan setelah berhasil menginstal ROM baru. Kegunaan MOD adalah agar Android bisa berfungsi semua fiturnya dengan baik, namun begitu juga dengan ROM, MOD yang diinstal untuk Android belum tentu cocok. Hal ini tentu saja membuat Android jadi bootloop juga.

3. Sembarangan memberi permission.

android bootloop berbagai sumber

foto: pinterest

Permission adalah memberi akses pada aplikasi yang kita instal di Android. Dalam memberi akses, harus diperhatikan dengan baik, jangan sembarang memberi akses, karena nggak semua aplikasi di Android bersih dari virus. Sebab memberi akses secara sembarangan sama saja dengan membiarkan Android berisiko besar terkena bootloop.

4. Mengembalikan Android ke setelan pabrik.

android bootloop berbagai sumber

foto: pinterest

Mengembalikan Android ke setelan pabrik adalah hal yang sering dilakukan pengguna Android ketika merasa smartphone yang digunakan sudah melambat. Namun cara mengembalikan Android ke setelan pabrik yang asal-asalan juga bisa membuat Android bootloop.

Untuk mengatasi semua bootloop adalah dengan cara flash ROM dan instal ROM baru dengan sesuai anjuran dari pabrik smartphone itu. Untuk ROM resmi keluaran pabrik untuk HP Android sendiri juga sudah banyak sekali dan bisa di-download secara gratis.

Untuk menginstal ROM, caranya berbeda tiap merek smartphone Android. Namun yang pasti harus masuk mode recovery dengan menekan tombol power dan volume bawah bersamaan di kebanyakan Android.

Jika sudah pilih instal ZIP, pilih ROM yang sudah diunduh, agar ROM yang sudah diunduh bisa terbaca, bisa menggunakan flashdisk dan dihubungkan ke Android dengan OTG.

Selamat mencoba!