Brilio.net - Samsung Galaxy S20 series secara resmi diluncurkan di Indonesia pada 6 Maret 2020 lalu. Sejak saat itu, smartphone ini telah melengkapi pengguna untuk bercerita dan mengubah cara mereka untuk mengabadikan momen-momen berharga melalui teknologi kamera super-canggih yang ditawarkan.

Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant, menjelaskan bahwa fitur-fitur pada Samsung Galaxy S20 secara khusus dirancang untuk mempermudah penggunanya melakukan berbagai aktivitas dan menikmati berbagai keseruan di dunia.

"Produk ini tidak hanya menawarkan spesifikasi yang mutakhir, namun juga hadir dengan dukungan perangkat lunak (software) yang intuitif. Semakin dalam dijelajahi, maka pengguna akan menemukan fitur-fitur tambahan yang sangat inovatif untuk memudahkan keseharian mereka,” ucapnya saat ditemui media baru-baru ini.

Series terbaru ini juga hadir dengan berbagai fitur yang membantu penggunanya untuk lebih produktif melakukan aktivitas sehari-hari secara seamless.

Berikut beberapa fitur tersembunyi yang dapat dijelajahi yang dapat memudahkan kamu saat aktivitas sehari-hari.

Loading...

1. Mode perekam instan.

Fitur tersembunyi © 2020 brilio.net

Fitur tersembunyi-© 2020 brilio.net/Instagram

Pertama ada mode perekaman instan. Tombol ‘foto’ pada saat kita masuk ke fitur kamera, ternyata merupakan tombol yang multifungsi. Selain untuk mengambil foto, pengguna juga dapat mengambil video tanpa mengubah mode foto ke mode video.

Pengguna cukup menahan tombol ‘foto’ lebih lama hingga berubah secara otomatis menjadi mode video. Fitur ini sangat cocok digunakan pada saat kita berencana mengambil foto, namun kita ditemukan pada momen yang sayang untuk diabadikan dalam bentuk video.

Misalnya, pada saat akan mengambil foto anak saat belajar di rumah, pengguna dapat dengan mudah mengabadikan momen tersebut dalam bentuk video tanpa harus mengganti pengaturan.

Dengan fitur ini juga, pengguna dapat secara langsung membuat GIF. Caranya adalah usap tombol ‘foto’ ke bawah, dan perangkat Samsung Galaxy S20 dapat secara otomatis mengambil gambar dalam bentuk GIF atau mode pengambilan gambar berulang.

Untuk memilih aksi apa yang akan dilakukan pada saat mengusap tombol ‘foto’, buka menu pengaturan kamera, kemudian pada pilihan ‘usap tombol rana tepi’ pilih mode ‘buat GIF’ atau gambar berulang.

2. Bixby sebagai asisten pribadi.

Fitur tersembunyi © 2020 brilio.net

Fitur tersembunyi-© 2020 brilio.net/Instagram

Selanjutnya ada fitur Bixby. Fitur ini merupakan teknologi pada smartphone yang dapat kamu optimalkan kegunaannya untuk banyak hal lebih dari sekadar asisten pribadi.

Selama periode WFH ini, Bixby dapat membantu pengguna untuk melakukan pengaturan smartphone dengan mudah. Misalnya dengan fitur Bixby Routine, pengguna dapat dengan mudah untuk mengatur mode dering getar atau normal pada Galaxy S20. Hal ini sesuai dengan rutinitas kesehariannya, seperti pada saat bekerja, beraktivitas di pagi hari, dan aktivitas pada malam hari, dan lain lain.

Atur semua aplikasi didalam Galaxy S20-mu dengan menggunakan Bixby misalnya untuk mematikan suara kamera, mengaktifkan flight mode ataubdo not disturb saat bermain game, semua lebih mudah dengan menggunakan Bixby.

Pengguna juga dapat secara otomatis mematikan notifikasi untuk setiap aplikasi agar dapat fokus pada aplikasi yang sedang dijalankan. Selain itu, Bixby juga bisa membantu kamu untuk mencatat tanggal-tanggal penting untuk dimasukkan ke kalender.

Untuk mengaktifkan fitur Bixby, caranya juga mudah. Pertama swipe down atau usap ke bawah dropdown menu pada home, dan tekan tombol pengaturan di kanan atas. Dalam menu pengaturan pilih menu Fitur Lanjutan (Advanced Feature).

Selanjutnya, aktifkan Bixby Routines dengan menggeser tombol ke kanan dan kemudian atur rutinitas Anda dengan menekan menu Bixby Routines. Pada menu Bixby Routines, secara default terdapat 14 rutinitas yang dapat Anda kustomisasi dan apabila ingin menambah rutinitas baru, cukup tekan tombol ‘+’ pada pojok kanan atas menu.

3. Permudah mendengar dan membaca dengan fitur Live Caption.

Fitur tersembunyi © 2020 brilio.net

Fitur tersembunyi-© 2020 brilio.net/Instagram

Terakhir, fitur tersembunyi yang ada pada smartphone ini adalah fitur Live Caption yang dapat membantu para pengguna untuk secara otomatis mendapatkan transkrip, atau caption ketika mengonsumsi media-media tertentu secara real-time.

Misalnya ketika pengguna sedang menonton video diskusi berbahasa Inggris dari YouTube saat waktu istirahat bekerja atau belajar dari rumah, fitur ini akan memberikan transkrip secara langsung di bagian bawah layar, sehingga pengguna akan dengan mudah membaca percakapan yang ada pada video.

Tim brilio sendiri, selain tertarik dengan fitur kamera yang memiliki kecanggihan mumpuni, fitur Live Caption juga jadi fitur. Apalagi saat work from home yang lebih banyak mengikuti acara melalui streaming, fitur ini sangat membantu ketika kita kurang jelas mendengar pemaparan dari narasumber. Selain itu, tak perlu buang-buang waktu untuk transkrip lagu karena secara otomatis apa yang disampaikan narasumber telah ditranskrip dalam bentuk tulisan.

Untuk mengaktifkan fitur Live Caption, langkahnya juga mudah, usap ke bawah dropdown menu pada home, dan tekan tombol pengaturan di kanan atas. Selanjutnya tekan menu aksesibilitas, tekan menu peningkatan pendengaran, tekan menu Live Caption dan aktifkan fitur teks otomatis atau Live Caption dengan menggeser tombol ke kanan.