Brilio.net - Pandemi corona mengharuskan masyarakat untuk bekerja, belajar, dan melakukan rutinitas harian dari rumah. Kesehatan menjadi hal terpenting yang harus terus dijaga dan diperhatikan.

Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, istirahat yang cukup, serta olahraga secara teratur merupakan hal yang harus dilakukan secara konsisten. Meski kegiatan dilakukan di tempat terbatas, masyarakat harus berusaha tetap produktif.

Beruntungnya, dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini smartphone sudah sangat membantu dalam kehidupan sehari-sehari. Termasuk menjaga kesehatan selama massa pabdemi ini. Seperti halnya dengan fitur yang terdapat di smartohone flagship Samsung Galaxy S20 Series dapat membantu penggunanya untuk tetap sehat dan bugar di tengah aktivitas #DiRumahAja.

“Kami memahami bahwa konsumen kami memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan. Oleh karena itu, kami hadir dengan berbagai fitur kesehatan yang dapat diakses pada setiap perangkat terbaru yang kami keluarkan, termasuk Galaxy S20 series," ujar Head of Product Management, IT & Mobility, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant.

Denny menambahkan, melalui fitur-fitur seperti S-health, bixby, dan Digital Wellbeing pengguna bisa dengan mudah mengontrol kesehatan mereka.

Loading...

"Kami berharap dengan fitur-fitur tersebut dapat membantu masyarakat untuk tetap hidup sehat di tengah kondisi social distancing," tambahnya.

Brilio.net mencoba berkesempatan mengulik ketiga fitur kesehatan tersebut. Berikut tiga fitur di Samsung Galaxy S20 Series yang dapat membantu kamu mengontrol kesehatan.

1. Sadari konsumsi digitalmu dengan digital wellbeing.

Pada masa masa bekerja dan belajar dari rumah seperti ini, konsumsi konten-konten digital menjadi lebih sering dilakukan, sehingga tanpa terasa kita berkutat dengan telepon genggam selama berjam-jam untuk tetap berkoordinasi dan terkoneksi. Namun tanpa kamu sadari, aktifitas kamu terlalu banyak berkutat di layar smartphone sehingga keseimbangan aktivitas lainnya terganggu.

Fitur ini dapat membantu kamu memonitor waktu yang kamu habiskan untuk mengkonsumsi konten-konten digital. Dengan melakukan tracking pada fitur Digital Wellbeing kamu dapat mentargetkan durasi penggunaan dalam waktu satu hari.

Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan fitur App timer untuk mengingatkan kamu apabila waktu penggunaan masing-masing aplikasi sudah melebihi batas yang diinginkan. Bahkan untuk lebih menyingkat waktu screen time, kamu bisa langsung atur Focus mode, yaitu menentukan notifikasi apa saja yang akan di block pada saat waktu kerja(work time) atau waktu diluar kerja (me time) hingga dapat menambah kegiatan lain nya misalnya waktu olahraga.

2. Cari resep masakan sehat di fitur Bixby

Salah satu tantangan terbesar untuk menjaga pola hidup sehat adalah mengatur asupan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi lain pada perangkat Samsung yang dimiliki.

Salah satunya adalah dengan mencari resep yang sehat dan cocok untuk kamu masak selama masa social distancing berlangsung. Perintahkan Bixby untuk mencari resep kimchi atau nasi goreng vegetarian, dan temukan resep terbaik semudah bertanya dengan asisten pribadi.

Melalui voice command Bixby, kamu juga dapat meminta Bixby untuk mengatur screen timeout menjadi sepuluh menit selagi kamu memasak, jadi kamu tetap bisa melihat-lihat resep dan panduan membuatnya tanpa harus berulang kali meng-unlock perangkat Samsung-mu pada saat kedua tangan sibuk memasak

3. Sehatkan pikiran dan tubuh dengan fitur Samsung Health

Penting untuk tetap aktif secara mental dan fisik bahkan ketika kita harus melaukan semua kegiatan #dirumahaja. Aplikasi Samsung Health menawarkan berbagai tips dan tracker untuk membantu pengguna tetap sehat dan nyaman di rumah kamu sendiri.

Di fitur ini kamu bisa temukan “Category” untuk dapat menjelajahi berbagai program kebugaran. Mulai dari latihan beban hingga latihan peregangan.

Kamu dapat menambah program ini dalam jadwal harian. Sehingga kamu jadi lebih disiplin untuk menjaga kebugaran tubuh. Dan pada saat kamu mencari ketenangan setelah hari yang sibuk, kamu dapat tetap mengikuti jadwal tidur kamu dengan fitur activity tracking Samsung Health.

Fitur ini juga dapat dengan mudah melakukan tracking berapa langkah yang sudah kamu tempuh dalam sehari. Bahkab untuk para wanita, Samsung Health juga dapat melihat siklus bulanan.

Hal lain yang tak kalah penting, Samsung Health juga dapat membantumu mengatur pola makan serta mengetahui masukan kalori-mu dalam satu hari. Bahkan melihat seberapa banyak air yang telah kamu minum.