Brilio.net - Saat ini memgabadikan momen sudah menjadi bagian gaya hidup setiap orang. Tak hanya saat melalukan perjalanan, tapi juga ketika di rumah mengabadikan foto keluarga atau foto selfie sendiri.

Untuk mengabadikan momen sekarang ini sudah tak perlu lagi dengan kamera DSLR. Karena sudah banyak sekali smartphone yang memiliki fitur kamera dan juga keunggulan yang hampir setara dengan kamera DSLR.

Hal itu juga disampaikan oleh seniman sekaligus art director kawakan Indonesia yang berkiprah di bidang fotografi dan videografi, Jay Subyakto. Dikenal sebagai sosok yang memiliki referensi pengambilan gambar yang unik dan out of the box.

Hasil karya fotografi Jay kerap diikutsertakan di berbagai pameran baik dalam negeri, maupun di mancanegara. Karya fotografi terbarunya sedang dipamerkan di galeri seni Rumah Maén, Menteng, Jakarta dengan tajuk ‘Antarktik’.

“Menurut saya, teknologi kamera Samsung series Galaxy S20 ini menjadi angin segar bagi para pengguna smartphone yang suka mengabadikan momen. Inovasi kamera pada smartphone itu sangat membantu saya, antara lain kapabilitas zoom yang sangat jauh berkat teknologi lensa lipat yang bekerja seperti periscope ini,” Ungkap Jay dalam siaran pers yang brilio terima, Kamis (24/4).

Loading...

Lantas, bagaimana  cara Jay saat mengabadikan momen lewat smartphone dengan hasil yang bagus? Berikut tips mengambil foto menggunakan smartphone ala Jay Subiyakto.

1. Kenali kemampuan smartphone yang kita miliki.

Hal utama yang wajib untuk diperhatikan sebelum kita embuat konten-konten yang out of the box adalah mengenali kemampuan smartphone yang kita miliki. Seringkali kita hanya sekedar membeli tanpa memahami secara keseluruhan kapabilitas gadget yang digunakan.

“Dengan memahami kemampuan smartphone yang kita miliki, kita dapat memaksimalkan segala fitur-fitur kamera yang ditawarkan untuk membuat konten fotografi yang tidak hanya bagus, tapi juga out of the box," ucapnya.

2. Jelajahi sudut pandang yang berbeda.

Menurut Jay, salah satu aspek terpenting dalam mengambil foto adalah berani untuk mengeksplorasi angle-angle yang baru.

“Terkadang kita terlalu terpaku dengan sudut pandang yang mainstream. Padahal, dalam mengambil satu objek, banyak sekali angle yang dapat dieksplorasi untuk menceritakan sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dengan kamera Galaxy S20 Ultra yang memiliki resolusi 108MP, kita dapat menggunakan fitur Quick Crop untuk mengambil bagian tertentu pada sebuah foto dengan hasil akhir yang berkualitas tinggi,” kata Jay Subyakto.

3. Gunakan intuisi sebelum mencari referensi.

Setiap hari mungkin kita terpapar dengan puluhan, atau bahkan ratusan referensi konten-konten yang menarik, baik di media sosial, atau sumber manapun. Kita boleh saja mencari referensi, namun jangan sampai kehilangan identitas atau karakter kita. Menurutnya, sumber yang paling terpercaya saat kita akan mengambil sebuah foto adalah intuisi.

“Biarkan intuisi Anda bermain sejauh mungkin dan jangan takut untuk bereksperimen dengan cara kita mengabadikan sesuatu," tambahnya.

4. Jangan takut Uuntuk mengambil gambar dari jauh.

Jay mengatakan bahwa dirinya sangat gemar untuk mengambil foto dari kejauhan. Hal ini membuatnya dapat melihat sesuatu dari perspektif yang lebih besar lagi.

"Banyak yang menganggap jika kita mengambil foto dari jauh, kita akan kehilangan detail yang kita inginkan. Bagi saya, justru sebaliknya. Dengan fitur hingga 100X Space Zoom yang diusung oleh kamera Galaxy S20 Ultra, teknologi ini memberikan saya kebebasan lebih untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan lensa telephoto yang ringan dibawa dan mudah untuk digunakan,” sambung Jay.

5. Pencahayaan adalah teman terbaik.

Saat akan hunting foto, sebaiknya cari waktu-waktu terbaik seperti pagi hari atau sore hari. Pasalnya diwaktu itu, cahaya matahari sangat bagus, sehingga kita dapat menangkap gambar dengan pencahayaan yang bagus.

“Dalam kegiatan fotografi cahaya dapat menjadi teman terbaik atau mungkin hal yang kita hindari, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya dengan baik," pungkasnya.