Brilio.net - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling favorit dibandingkan yang lain. Bagaimana tidak, aplikasi ini menyuguhkan beragam fitur menarik untuk para pengguna. Mulai dari kirim pesan, foto, video, audio, update status, telepon, video call, dan masing banyak lagi lainnya.

Menariknya lagi, WhatsApp tak hanya bisa dipakai pada Android. WhatsApp hadir dan bisa dibuka di laptop dan komputer, melalui browser website. Aplikasi ini disebut WhatsApp Web. Tentu saja cara ini akan memudahkan pengguna yang sering menghabiskan waktu di depan layar komputer. Jadi kamu bisa tetap bekerja dan berkomunikasi, tanpa harus membuka Android.

Fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Web ini hampir sama dengan versi Android. Jadi kamu tetap akan nyaman menggunakan WhatsApp Web seperti saat di Android biasanya. Namun tetap saja yang namanya aplikasi pasti ada kekurangannya. WhatsApp belum menyediakan kemudahan untuk membuka dua akun sekaligus di komputer. Jadi sedikit susah buat kamu yang sedang bekerja dengan WhatsApp Business namun tetap ingin terhubung dengan akun WhatsApp pribadi.

Tapi kini nggak perlu ribet lagi. Ada cara lain untuk membuka dan menjalankan beberapa akun WhatsApp Web di satu browser. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan Chrome untuk mendapatkan metode ini. Tanpa harus repot membuka browser web lainnya, teknik ini semudah menukar tab di browsermu.

Berikut cara membuka dua akun WhatsApp Web sekaligus seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/1).

Loading...

1. Menggunakan mode Incognito. 

buka dua akun WhatsApp Web freepik.com

foto: freepik.com

Cara ini merupakan salah satu yang paling mudah dan sederhana. Incognito mode sendiri adalah mode peramban browser yang bisa membantu menjelajahi web tanpa menyimpan data history (penjelajahan) pada browser. Seperti detail halaman yang pernah dibuka, detail login, cookie, file yang kamu unduh, bookmark, aktivitas pencarian, dan lain sebagainya tidak akan tersimpan.

Semua browser, yakni Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge, Apple Safari, Google Chrome, dan Internet Explorer menyediakan menu ini. Jadi kamu bebas menggunakan browser mana saja yang kamu inginkan untuk membuka dua akun WhatsApp. Kamu hanya perlu membuka mode Penyamaran Chrome atau Incognito mode.

Caranya cukup buka menu di sebelah kanan atas, pilih 'New Incognito Windows'. Buka WhatsApp Web dari sana. Pindai kode QR atau barcode. Dengan begitu kamu sudah dapat membuka lebih dari satu akun di Chrome atau browser web lain.

2. Menggunakan Session Box.

buka dua akun WhatsApp Web freepik.com

foto: freepik.com

Dengan menggunakan metode Session Box ini, bisa memungkinkanmu untuk membuat sesi terpisah setiap login. Nggak hanya akun WhatsApp, kamu juga bisa membuka dua akun media sosial di satu browser menggunakan cara ini. Seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya. Kamu juga dapat menyimpan sesi-sesi ini di browser, jadi proses masuknya sesederhana mengklik tombol khusus.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sesi yang sama di browser yang berbeda dengan membagikan URL. Menariknya lagi, kamu juga dapat membuat sesi sementara. Berikut cara mudahnya.

1. Buka bagian ekstensi Google Chrome.

2. Cari menu atau pilihan Session Box, lalu instal pada browser.

3. Buka akun WhatsApp Web pada browsermu seperti biasa, masuk menggunakan akun utamamu.

4. Kemudian klik atau pilih ikon Session Box di bilah status. Akan muncul halaman 'Sessions for current page'.

5. Klik pada ikon 'Plus' (+) pada ujung paling kanan untuk membuat Stored session.

6. Masukkan nama untuk sesimu. Tetapkan nama yang sederhana sehingga mudah untuk membedakan antar akun nantinya.

7. Akan muncul perbedaan warna secara otomatis, untuk memudahkanmu membedakan sesi tab akun utama dengan sesi tab akun kedua. Kamu bisa juga memilih dan mengatur perbedaan warna sesuai keinginan. Caranya arahkan kursor ke bagian atas kotak prompt dan pilih yang sesuai.

8. Ketuk ikon Sync di bawah nama, jika kamu tidak ingin menyinkronkan antaraa sistem yang berbeda ini.

9. Lalu klik 'OK' untuk membuat sesi baru.

10. Pindai kode QR atau barcode menggunakan akun WhatsApp keduamu.

11. Dengan begini kamu akan lebih menghemat waktu tanpa repot membuka browser lain. Lebih mudahnya lagi, cukup tekan tab (Ctrl + Shift + Tab), secara otomatis kamu akan teralih dari satu tab akun ke tab akun WhatsApp satunya.

3. Menggunakan situs pihak ketiga. 

buka dua akun WhatsApp Web freepik.com

foto: pixabay.com

Berbeda dari dua cara sebelumnya yang mengharuskan kamu memakai Google Chrome. Untuk cara ketiga ini kamu bebas mau menggunakan browser web apa saja. Namun sebelum memulai teknik yang satu ini, perlu kamu pastikan terlebih dulu beberapa hal penting berikut. Kamu harus memiliki akun WhatsApp aktif di perangkat Android.

Selanjutnya kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil di perangkat dan komputer. Kamu perlu menggunakan atau update versi terbaru Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau Safari sebagai browser web di komputer. Kalau sudah, berikut cara mudahnya.

1. Buka situs http://web.whatsapp.com di browser web.

2. Buka juga akun WhatsApp pada ponsel cerdas atau tabletmu.

- Untuk Android, Nokia S60 dan Windows Phone: Buka Menu> WhatsApp Web.

- Untuk iPhone: Buka Pengaturan> Web WhatsApp.

- Pada BlackBerry: Buka Obrolan> Menu> WhatsApp Web.

- BlackBerry 10: Geser ke bawah dari atas layar> WhatsApp Web.

- Pada Nokia S40: Geser ke atas dari bawah layar> WhatsApp Web.

3. Pindai Kode QR atau barcode pada layar komputer menggunakan ponsel seperti biasa.

4. Sekarang buka http://dyn.web.whatsapp.com di tab baru tetapi di browser web yang sama.

5. Ulangi proses yang sama yang disebutkan di atas dan tautkan akun WhatsApp yang satunya pada ponsel dengan tab baru pada komputer ini.