Brilio.net - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan lintas platform, yang digunakan untuk mengirim pesan instan ke orang-orang di daftar kontak. Penggunaannya tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Selain bertukar pesan teks, kamu juga dapat berbagi gambar, video, pesan audio, dan lokasi pengguna dengan orang lain.

Aplikasi olah pesan ini dikembangkan untuk digunakan pada smartphone Android, Windows, Blackberry dan iOS. Untuk lebih memudahkan berkirim kabar, kamu juga dapat membuat grup menggunakan aplikasi ini (WhatsApp) untuk bertukar pesan, gambar, dan video sekaligus ke banyak orang atau akun.

Aplikasi milik Facebook (FB) ini juga mengembangkan beragam fitur privasi khusus. Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan akun WhatsApp-nya, sesuai dengan preferensi atau kenyamanan penggunaannya sendiri. Ada berbagai opsi pengaturan yang dapat kamu sesuaikan sesuai pilihan. Membatasi siapa saja yang dapat melihat status, menghilangkan tanda terakhir online atau dilihat, menyembunyikan tanda centang biru, dan lain sebagainya.

Di luar daftar tersebut, masih ada banyak pengaturan WhatsApp yang dapat kamu sesuaikan dengan mudah. Ada pun fitur menarik yang mungkin masih jarang dipakai ialah tema. Tema WhatsApp adalah fitur yang paling dicari di antara pengguna WhatsApp. Dengan perubahan tema, tampilan WhatsApp akan lebih keren dan nggak membosankan.

Sayangnya tidak semua Android punya kelebihan fitur pengganti tema, maka dari itu kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang sudah terkenal menyuguhkan fitur penggantian tema ialah 'GBWhatsapp'. Penggunaan aplikasi ini tidak membutuhkan root. Menariknya lagi dengan aplikasi ini kamu bisa memakai tema dengan wajah sendiri lho.

Loading...

Aplikasi GBWhatsapp aman digunakan dan bekerja sangat lancar pada WhatsApp. Dalam artian tidak akan mengganggu proses kerja WhatsApp. Kamu bisa mendapatkan ribuan tema di aplikasi ini. Hal terbaik lainnya dari aplikasi ini adalah kamu dapat menggunakan aplikasi ini bersama dengan WhatsApp resmi lainnya. Ini berarti kamu dapat menggunakan WhatsApp ganda pada satu Android menggunakan aplikasi ini.

Tunggu apa lagi, buat kamu yang bosan dengan tema yang itu-itu aja, ganti dengan yang lebih kekinian dan keren. Berikut cara mudah mengganti tema WhatsApp seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (16/1).

1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di Android.

2. Sebelum memulai mengunduh GBWhatsapp, cadangkan obrolan di WhatsApp terlebih dulu.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: readytricks.com

3. Supaya fitur GBWhatsapp terpasang dengan baik, copot atau uninstal dulu pemasangan WhatsApp di ponsel.

4. Kemudian unduh GBWhatsapp pada ponsel.

5. Instal dan buka aplikasi.

6. Sekarang masukkan nomor WhatsApp akunmu, verifikasi melalui OTP.

7. Setelah masuk ke layar utama, kembalikan Obrolan WhatsApp yang sudah kamu cadangkan tadi.

8. Sekarang, WhatsApp baru sekarang siap digunakan.

9. Klik atau pilih menu setting '3 titik' pada sudut kanan atas aplikasi.

10. Buka pengaturan GB, lalu pilih 'unduh tema'.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: readytricks.com

11. Pilih tema apa pun yang kamu sukai lalu klik terapkan.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: readytricks.com

12. Proses pengunduhan dan penerapan akan memakan waktu beberapa detik.

13. Setelah selesai, restart terlebih dulu aplikasi WhatsApp sekaligus Android.

14. Buka kembali, dan lihat hasil tema baru pada Whatsapp.

Mengubah wallpaper di layar obrolan WhatsApp.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: pixabay.com

Wallpaper dan tema bisa dibilang hampir sama, namun pada kenyataannya tetaplah beda. Tema lebih pada background yang ada pada layar obrolan. Sedangkan tema adalah tampilan seluruh latar WhatsApp. Jika kamu hanya ingin mengubah wallpaper tanpa mengubah tema, tentu saja bisa. Kamu dapat mengubah wallpaper dengan opsi termasuk warna solid, foto kamu, serta koleksi gambar dari wallpaper itu sendiri. Berikut cara mudahnya mengubah wallpaper pada WhatsApp.

- Untuk iOS: Pengaturan> Obrolan> Wallpaper Obrolan> Pilih Perpustakaan Wallpaper, Warna Solid atau Foto.

- Untuk Android: Pengaturan> Obrolan> Wallpaper Obrolan> Pilih Perpustakaan Wallpaper, Warna Solid, Galeri, Default atau Tanpa Wallpaper.

Cara memblokir undangan grup WhatsApp.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com

Di pembaharuan WhatsApp kali ini, pengguna diberikan fitur kendali yang lebih pada urusan grup. Fitur baru ini sangat berguna. Alasan kemunculannya karena banyak pengguna yang tidak enak atau sungkan ketika ingin keluar dari grup. Melalui fitur ini kamu akan diberikan tiga opsi, siapa saja yang bisa memasukkanmu ke dalam grup chatting. Semua orang, hanya orang yang ada di kontak ponsel, dan semua pengguna yang ada di nomor kontak kecuali yang diblokir. Berikut cara mudah untuk mengaktifkannya.

- Unduh pembaharuan WhatsApp di Android.

- Buka WhatsApp.

- Buka menu pengaturan, di bagian pojok kanan atas halaman utama.

- Pilih menu 'Account'.

- Lalu pilih atau klik 'Privacy'.

- Kemudian kamu bisa mengaturnya pada menu 'Grup'.

Cara mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan sidik jari.

ganti tema WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com

Fitur ini memang tidak terlalu baru bagi kalangan pengguna perangkat iOS. Karena pada iOS sendiri fitur ini sudah bisa digunakan sejak awal 2019 lalu. Saat ini pembaruan ini belum ada di semua negara, tetapi saat mencoba memperbarui aplikasi WhatsApp di Play Store, kamu dapat menemukan fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menggunakan sidik jari untuk bisa membuka kunci aplikasi. Berikut cara mudah mengaktifkan fitur baru ini.

- Unduh atau perbarui WhatsApp melalui Play Store.

- Pilih menu 'Account' di bagian bawah menu 'Setting'. Ada di tiga titik pojok kanan atas di halaman utama WhatsApp.

- Setelah itu, pengguna membuka opsi Privacy dan pada bagian bawah, terdapat fitur Fingerprint Unlock.

- Pada menu Fingerprint Unlock, kamu bisa memilih berapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan.

- Kunci sidik jari bisa diterapkan sesegera mungkin (immediately), setelah 1 menit, dan maksimal setelah 30 menit.