Brilio.net - Aplikasi pesan menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya kini obrolan dengan orang-orang terdekat tak lagi dilakukan dengan telepon atau SMS, melainkan dengan aplikasi chatting. Tak heran jika di toko aplikasi, banyak sekali aplikasi chatting yang bisa diunduh dan dinikmati secara gratis dengan berbagai fitur canggih dan unik. Salah satunya adalah WhatsApp.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messaging untuk smartphone Android maupun iOS yang didirikan pertama kali pada 24 Februari 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum. Namun WhatsApp mulai dikenal luas sejak tahun 2013 silam dan hingga kini menjadi aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan hampir di seluruh dunia.

Melihat tingginya pengguna WhatsApp, tentunya pihak WhatsApp terus melakukan perbaikan agar memberikan layanan yang terbaik untuk penggunanya. Mulai dari fitur berbagi momen seperti Instagram, hingga beberapa fitur lainnya lagi. Salah satu yang cukup menarik adalah di mana penggunanya bisa menentukan apakah dirinya ingin bergabung dalam suatu grup atau tidak.

Berbicara mengenai grup WhatsApp, mungkin kamu memiliki banyak sekali grup WhatsApp, baik itu grup sekolah, kerja, kegiatan sosial, keluarga dan lainnya. Tak jarang kamu juga merasa terganggu dengan banyaknya grup tersebut. Mengingat grup WA yang sudah cukup banyak, tentunya kamu tidak ingin menambahnya lagi bukan?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah ada kabar baik bagi kamu yang tidak ingin ketambahan grup WhatsApp secara tiba-tiba. Pasalnya WhatsApp telah resmi mengumumkan sebuah fitur yang sangat membantu kamu bisa menghentikan orang lain untuk memasukkan nomor WhatsApp-mu di sebuah obrolah grup. Fitur ini telah diluncurkan secara global baik untuk pengguna iOS dan Android

Namun sayangnya, meski sudah dirilis masih banyak orang yang belum bisa menggunakannya. Hal ini dikarenakan mereka belum tau bagaimana cara menggunakannya. Dilansir brilio.net dari akun Twitter @WABetainfo, Jumat (10/1), berikut adalah cara mudah agar kamu tiba-tiba masuk dalam salah satu grup WhatsApp.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke 'pengaturan' kemudian pilih 'akun' lalu 'privasi', kemudian pilih 'grup'. Ada tiga opsi yang muncul di antara Everyone, My Contacts dan Nobody. Jika kamu memilih My Contacts maka hanya kontak kamu saja yang bisa menambahkan nomor kamu ke dalam grup.

Ketika kamu memilih Everyone, itu tandanya siapa saja yang tidak termasuk kontak kamu bisa memasukkan nomor kamu ke dalam grup. Nah jika kamu benar-benar ingin tidak ada orang yang memasukkan nomor kamu ke dalam grup cukup pilih Nobody.

Opsi Nobody akan memungkinkan pemilik nomor untuk tidak akan bisa dimasukkan ke dalam grup WA apapun yang tidak dikehendaki.

Setelah kamu mengaturnya, jika ada yang mengundang kamu masuk ke grup WA tapi kamu tidak menyimpan nomornya, nanti akan muncul notifikasi.

Fitur tersembunyi WhatsApp lainnya.

cara agar nggak masuk ke grup WhatsApp pixabay.com

foto: pixabay.com

WhatsApp memiliki banyak keunggulan lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui beberapa fitur tersembunyi WhatsApp ini. Nah apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/1).

1. Membaca pesan tanpa diketahui oleh pengirim pesan.

Status online mungkin bagi sebagian orang membuat tidak nyaman. Karena ada beberapa orang yang tidak ingin diketahui kalau ia sedang online. Hal ini juga menyangkut privasi dan kenyamananmu saat mengobrol. Tak ingin mengecewakan pengguna, WhatsApp punya cara mutakhir untuk menutupi semua itu. Kamu bisa membaca pesan tanpa diketahui keaktifanmu di akun WhatsApp.

- Buka aplikasi WhatsApp di Android.

- Pilih menu setting atau pengaturan, tanda titik tiga di bagian atas sudut menu utama.

- Lalu pilih menu 'Privacy'.

- Kemudian tekan atau buat tanda pemberitahuan jadi mati, 'Read Receipts'.

2. Menemukan akun yang paling sering diajak ngobrol.

Apakah kamu tahu siapa atau akun mana yang paling sering kamu ajak ngobrol selama ini? Nah, buat kamu yang penasaran, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memeriksanya langsung melalui WhatsApp di Android.

- Buka akun WhatsApp-mu.

- Pilih menu pengaturan atau setting di pojok bagian atas.

- Lalu pilih 'Data and Storage Usage'

- Kemudian klik menu 'Storage Usage'.

- Setelah itu klik 'Select Contact'.

3. Fitur hemat data seluler.

WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang banyak memakan data atau ruang penyimpanan di ponsel. Ada beberapa penyebabnya, salah satunya ialah karena kiriman foto dan video dari kontak WhatsApp masuk secara otomatis di ponsel. Buat kamu yang punya kesibukan padat, pasti tak sempat menghapusi satu per satu. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mengatur kebutuhan data selulernya.

Caranya mudah, yaitu dengan matikan pilihan 'download otomatis' di pengaturan WhatsApp. Dengan teknik ini kamu bisa memilih aturan penggunaan data seluler untuk mengunduh media.

4. Fitur membagikan status ke Facebook.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini WhatsApp sudah jadi bagian dari Facebook. Maka tak heran apabila kemudian muncul fitur untuk menghubungkan dua media sosial ini. Nah, buat kamu yang ingin membagikan status WhatsApp atau WA ke Facebook, nggak perlu repot-repot lagi mengetik ulang lagi. Kamu cukup melakukan sekali ketuk untuk mendapatkan hasilnya. Berikut caranya.

- Buka status WA di handphone-mu.

- Klik atau pilih 'Status Saya', lalu pilih 'Bagikan ke Facebook Story'.

- Kemudian pilih 'Izinkan atau Buka'.

- Secara otomatis aplikasi Facebook akan terbuka. Pilih audiens atau siapa saja yang bisa melihat status terbarumu.

- Setelah itu, pilih atau klik 'Bagikan Sekarang'.

(brl/lin)