Brilio.net - Di zaman modern ini, banyak hiburan bisa diakses dengan lebih mudah. Salah satunya adalah game. Bermain games kerap dilakukan pada waktu luang atau ketika sedang bosan. Kamu pasti pernah main game, kan? Game apa sih yang jadi favorit kamu?

Kini ada banyak pilihan game yang bisa kamu mainkan sendiri atau bersama teman. Mulai dari game strategi, game edukasi, hingga game olahraga. Salah satu jenis game olahraga yang populer adalah sepak bola. Sepak bola memang olahraga nomor satu di dunia. Bisa dilihat dari animo masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk menonton pertandingan tim nasional suatu negara atau kompetisi klub.

Piala Dunia menjadi bukti bagaimana sepak bola adalah olahraga yang memiliki penggemar yang sangat banyak. Ribuan bahkan jutaan orang menonton dan mendukung tim nasional yang sedang bertanding. Selain Piala Dunia, salah satu kompetisi yang bergengsi adalah Champions League atau Liga Champion. Liga Champion adalah kompetisi yang mempertemukan klub-klub terbaik di Eropa.

Nah, berawal dari situ, para developer game mulai memunculkan game-game keren yang bertemakan sepak bola. Selama ini kamu mungkin hanya tahu game sepak bola bisa dimainkan di PlayStation saja, seperti Pro Evolution Soccer (PES) atau FIFA. Namun, sekarang setelah perkembangan teknologi semakin maju, gam-game seru sepak bola sudah bisa diakses melalui smartphone. Meskipun hanya dimainkan di smartphone, namun kualitas game sepak bola ini tak kalah keren, lho.

Kamu ingin tahu game sepak bola apa saja yang bisa dimainkan di smartphone Android? Tenang saja, brilio.net sudah merangkum 12 game sepak bola di Android yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (21/11).

1. Dream League Soccer 2018

game sepak bola android istimewa

foto: gamekiller.com

Dream League Soccer 2018 adalah game sepak bola yang bisa dimainkan di smartphone Android. Game ini memungkinkan kamu untuk mengelola tim sendiri, mengontrol pemain, dan menikmati permainan sepak bola. Gameplay di Dream League Soccer 2018 ini mirip dengan Career Mode pada Pro Evolution Soccer, tetapi tidak memiliki kontrak pemain atau transfer klub. Di sini kamu dapat mengumpulkan koin dengan bermain dan memenangkan setiap pertandingan. Cara lain mengumpulkan koin adalah menyelesaikan tantangan, atau menonton iklan. Kemudian, koin tersebut dapat digunakan untuk mendatangkan pemain dari bursa transfer.

 

2. FIFA Soccer 2018

game sepak bola android istimewa

foto: apkpure.com

FIFA Soccer adalah salah satu game sepak bola yang paling kaya fitur untuk Android. Game ini menampilkan pemain yang memiliki liseni dari FIFA yang berasal dari 550 tim di dunia nyata. Jadi, Kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasa saat memainkan game ini. Di FIFA Soccer, kamu harus membuat tim impianmu sendiri dan bersaing dengan pemain di seluruh dunia. Kamu dapat menguji keterampilan dalam single-player campaign mode dan kemudian tantang dirimu dalam permainan yang berbeda.

 

3. PES 2018

game sepak bola android istimewa

foto: spzgaming.com

PES 2018 adalah salah satu game sepak bola terbaik untuk smartphone Android karena memiliki grafis luar biasa dan gameplay yang keren. PES 2018 adalah game pertandingan sepak bola terlengkap di mana kamu harus mengelola tim dan mengontrol pemain. Kamu dapat bermain dengan komputer, bersaing dengan teman-temanmu dan bahkan bergabung dalam mode online multiplayer battle untuk melawan pemain asing dalam mode online.

 

4. Score Hero

game sepak bola android istimewa

foto: scorehero.net

Score Hero adalah game sepak bola berbasis 3D di Android. Score Hero adalah game bagi para pemain dari pesepakbola muda yang mencoba untuk menjadi bintang dunia sepak bola. Jadi, di game ini kamu harus memainkan berbagai tantangan di level yang berbeda dan harus menyelesaikan tantangan tersebut untuk mewujudkan pemainmu menjadi pemain bintang. Ada lebih dari 600 level dengan grafis 3D yang sangat ciamik. Dalam game ini, kamu juga dapat bermain melawan pemain lain dalam mode multiplayer online.

 

5. Real World Soccer League

game sepak bola android istimewa

foto: apkpure.com

Salah satu game sepak bola Android terbaik ini menawarkan gameplay yang halus dan pengalaman bermain yang luar biasa. Game ini lebih berfokus kepada sepak bola antar negara. Kamu harus mengerahkan tim kamu dan bermain melawan tim sepak bola nasional dengan pemain yang sudah kamu persiapkan. Kamu harus menunjukkan keterampilan tim sepak bola asuhanmu dan memenangi setiap pertandingan untuk menjadi juara di tiap kompetisi.

 

6. Top Eleven 2018

game sepak bola android istimewa

foto: topeleven.com

Untuk kamu yang ingin merasakan jadi manajer sebuah tim sepak bola, maka game ini akan sangat cocok dimainkan. Dalam game ini, kamu akan membuat tim impianmu sendiri dari 5000 pemain yang ada di dunia nyata yang memiliki kemampuan dan atribut yang sama dengan yang ada di dunia nyata. Kamu harus mengatur transfer pemain, membeli pemain yang tepat dan memainkannya. Kamu juga harus menghadapi kerugian dan cedera pemain.

 

7. Real Football

game sepak bola android istimewa

foto: play.google.com

Real Football adalah game sepak bola lainnya yang bagus untuk Android. Game ini dilengkapi dengan pemain dan tim sepak bola berlisensi yang membuat kamu memiliki sensasi sendiri saat memainkannya. Game ini mempunyai beragam mode game, di mana bisa menunjukkan keterampilan taktik sepak bola ala kamu. Real Football menawarkan grafis yang bagus dan memungkinkan kamu untuk mengatur tim, membentuk tim dan meningkatkan stadion klub yang kamu kelola.

 

8. Football Strike

game sepak bola android istimewa

foto: fingerguns.net

Football Strike adalah game sepak bola Android yang cukup terkenal dan dicintai jutaan orang di seluruh dunia. Game ini menawarkan mode permainan online yang berbeda, termasuk menembak bola ke target dalam permainan serba cepat, waktu terbatas atau bergantian sebagai striker dan penjaga gawang dalam mode satu lawan satu. Bahkan jika itu menawarkan tantangan singkat tetapi masih cukup baik untuk membuatmu senang. Kamu dapat bermain solo dalam mode karir dan tantang teman kamu untuk bermain.

 

9. Ultimate Soccer

game sepak bola android istimewa

foto: play.google.com

Ultimate Soccer merupakan game sepak bola untuk Android yang memungkinkanmu untuk membangun tim dengan pemain sepak bola pilihan kamu dan memainkan game sepak bola di tiap kompetisi yang ada. Ada berbagai mode dalam game ini seperti Liga atau Piala Dunia di mana kamu dapat berpartisipasi dan memenangkan kejuaraan. Kamu juga dapat membeli atau menjual pemain di bursa transfer.

 

10. World Soccer League

game sepak bola android istimewa

foto: apkpure.com

World Soccer League adalah salah satu game sepak bola yang bagus untuk Android yang mirip dengan PES dan FIFA. Game ini menawarkan kelengkapan 60 tim nasional, 60 klub dan total 2000 pemain. Kamu juga memiliki 4 mode permainan yaitu Exhibition, Cup, League, dan Training yang membuat fitur permainan semakin lengkap.

 

11. Winner Soccer Evo Elite

game sepak bola android istimewa

foto: play.google.com

Game sepak bola Android selanjutnya adalah Winner Soccer Evo Elite. Dalam game ini, pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dari segala penjuru dunia. Apalagi pada permainan ini pemain dapat menyimpan momen-momen epik saat pertandingan. Terdapat beberapa mode permainan, seperti kompetisi, liga, hingga mode latihan. Game ini berpotensi membuat ketagihan penggemar sepakbola berkat gameplay-nya yang mudah dan grafik yang ciamik.

 

12. Football Manager

game sepak bola android istimewa

foto: gamespot.com

Jika lebih tertarik untuk mengelola sebuah tim secara profesional tanpa harus memainkan timnya, Footbal Manager 2019 adalah alternatif yang boleh dicoba. Game Android ini baru saja dirilis pada November 2018. Pada game ini, kamu akan berperan sebagai pemilik klub sekaligus pelatih. Kamu bisa merekrut pemain dan melatih mereka sesuai kebutuhan untuk membentuk tim terkuat. Strategimu akan teruji ketika hari pertandingan tiba, apakah akan membawa timmu kepada kejayaan yang membanggakan atau kekalahan yang memalukan.


Reporter: mgg/renno hadi ananta