Brilio.net - Salah satu hal menarik dari dunia film masa kini adalah para penonton bisa menilai langsung film yang ditontonnya. Penilaian tersebut bisa dilakukan di situs-situs film yang menyediakan form penilaian tersebut. Misal, di IMDb menggunakan rating poin sampai angka 10, sementara di Rotten Tomatoes menggunakan persentase. Tidak hanya itu, Rotten Tomatoes punya keunggulan tersendiri karena bisa memberikan tempat bagi para kritikus film dan punya nilai berbeda dengan para penonton biasa.

Sepanjang 2021, ada banyak film Hollywood yang sudah ditayang di berbagai platform. Mulai dari bioskop sampai berbagai layanan streaming. Film-film tersebut sudah barang tentu sudah ditonton para kritikus dan dapat berpengaruh bagi reputasi film.

Walaupun begitu, penilaian para kritikus tidak selalu sejalan dengan antusiasme dan penilaian para penonton. Film-film berikut merupakan film yang dinilai jelek oleh para kritikus, tetapi berhasil menarik perhatian penontonnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (4/12), berikut 9 film yang dinilai jelek para kritikus, malah laris ditonton.

1. Mortal Kombat (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Mortal Kombat merupakan film yang diadaptasi dari video game dengan judul yang sama. Film ini disebut sangat setia mengikuti versi permainannya tanpa banyak melakukan eksplorasi terhadap para karakter yang ditampilkannya. Selain itu, film ini tampil dengan adegan brutal dan efek visual yang menakjubkan. Namun, capaian ini dinilai jelek oleh para kritikus yang hanya mendapatkan skor 54%. Walaupun begitu, film ini malah dipuji penonton dengan raihan skor 86% dan berhasil meraih keuntungan box office USD 83,6 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

2. Eternals (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Saat pertama kali dirilis, Eternals sudah harus menghadapi kritik pedas para kritikus. Film yang mengisahkan kelompok superhero selain Avengers ini dikritik para kritikus terkait eksposisi, tempo, runtime, dan kurangnya pengembangan karakter. Eternals mendapatkan skor sebesar 47%, sebuah skor yang menandakan bahwa film ini kurang disukai para kritikus. Di sisi lain, film mendapat sambutan yang cukup meriah di hati para penontonnya dan berhasil meraih skor sebesar 80% dan keuntungan box office sebesar USD 370,7 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun.

3. Venom: Let There Be Carnage (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Seperti hal sekuel pertama Venom (2018), film Venom: Let There Be Carnage memang dibuat hanya untuk menyenangkan hati para penontonnya. Film ini menyelami lebih jauh ke dalam hubungan seperti pasangan yang aneh antara Eddie dan symbiote. Selain itu, Eddie ditarik ke MCU pada akhir kredit sangat menyenangkan dan salah satu cara Venom dapat kembali di masa depan. Film ini mendapatkan skor 59% dari para kritikus dan berhasil menarik hati para penonton dengan skor 84% dan meraih keuntungan sebesar USD 470 juta atau Rp 6,7 triliun.

4. Space Jam: A New Legacy (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Space Jam: A New Legacy penuh dengan animasi memesona, trik bola basket yang mengesankan, dan banyak referensi budaya pop dan telur paskah. Dengan skor penonton 79%, penonton sangat antusias dengan film tersebut ketika mereka melihat Mask, Mr. Freeze, dan bahkan Alex dari A Clockwork Orange menyemangati LeBron James. Walaupun begitu, film ini mendapatkan kritik dari para kritikus dengan skor 25% karena dianggap iklan raksasa bagi Warner Bros yang menjadi rumah produksi film ini.

5. Halloween Kills (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Halloween Kills merupakan seri horor yang terlaris saat ini dan berhasil meraih keuntungan sebesar USD 250 juta atau Rp 3,5 triliun. Film ini berhasil mendapat dukungan dari para penontonnya dengan skor 66% karena dianggap lebih santai dari seri sebelumnya. Walaupun begitu, film ini juga mendapatkan kritik yang cukup pedas dari para kritikus dengan skor 41%.

6. Red Notice (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Penampilan Ryan Reynolds dan Dwayne Johnson menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi para penontonnya saat mereka ingin menangkap Gal Gadot dalam sebuah misi. Namun, film laga-komedi ini mendapatkan respon negatif dari para kritikus dengan skor 35%. Walaupun begitu, film ini berhasil menghadirkan hiburan yang memang dibutuhkan para penonton. Karena itu, Red Notice berhasil meraih skor penonton sebesar 92% dan sudah berhasil ditonton 70 juta kali di seluruh dunia di layanan streaming Netflix.

7. Spiral: From The Book Of Saw (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Seri Spiral hampir selalu dinilai dengan skor yang menyedihkan oleh para kritikus dan bahkan oleh penontonnya. Namun, dalam film Spiral: From The Book Of Saw ini, kritikus dan penonton tidak satu pendapat. Film ini meraih kritik dari para kritikus sebesar 37%, sementara para penonton memuji film ini dan berhasil memberikan skor sebesar 75%. Film ini berhasil memberikan kesan yang jauh sekali berbeda dengan film-film Spiral sebelumnya.

8. Fast & Furious 9 (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak seri kelima sampai kedelapan, Fast & Furious selalu mendapat pujian dari para kritikus. Namun, dalam film Fast & Furious 9 kali ini, para kritikus tidak terlalu berkesan dengan film ini dan memberikan skor 59%. Walaupun begitu, film ini masih berhasil meyakinkan banyak penontonnya dengan beragam adegan aksi yang dilakukan secara nyata dan minim efek CGI. Karena itu, para penonton film ini memberikan skor yang cukup memuaskan sebesar 82%.

9. The Tomorrow War (2021).

film kritikus malah laris ditonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Film The Tomorrow War yang sempat menampilkan sosok Susilo Bambang Yudhoyono atau yang dikenal dengan SBY menjadi salah film yang diproduksi oleh Amazon melalui Amazon Prime. Walaupun film ini dikritik cukup pedas dengan skor 52%, film dengan genre fiksi ilmiah ini berhasil menggaet banyak penonton. Para penonton film ini di seluruh dunia memberikan skor sebesar 77% dan memberikan pengalaman menonton film streaming yang cukup berkesan.

*

INFOGRAFIS FILM YANG DIPREDIKSI BAKAL JELEK TAPI MALAH LARIS DITONTON © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FILM YANG DIPREDIKSI BAKAL JELEK TAPI MALAH LARIS DITONTON
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan