Brilio.net - Film bergenre romantis selalu berhasil membuat baper banyak penontonnya dan bahkan sangat menjiwai peran-peran yang ada dalam film. Film-film tersebut biasanya menampilkan kisah yang manis dan seolah tanpa celah. Hal itulah yang kemudian dapat menjadi obat dari kenyataan sehari-hari penontonnya. Bahkan, bagi penggemar berat, pantang untuk tidak menontonnya.

Salah satu film bergenre romantis yang juga tak kalah menarik untuk diikuti adalah film anime. Seperti film live action umumnya, film anime juga memuat beragam genre yang tak kalah menarik, termasuk film anime bergenre film romantis. Film-film tersebut berhasil membuat penontonnya senyum-senyum dan membayangkan kebahagiaan diri dalam ceritanya.

Selain itu, film-film anime romantis tersebut juga menampilkan kisah haru para tokoh yang tak jarang membuat penontonnya terharu. Tak diragukan lagi, anime Jepang menjadi salah satu film animasi yang layak diperhitungkan dan masuk dalam daftar tontonan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (1/12), berikut 7 film anime romantis terbaik versi IMDb yang tak kalah bikin baper.

1. Kimi no Na wa (2016).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Your Name atau yang berjudul asli Kimi no Na wa mengisahkan seorang siswi SMA bernama Mitsuha (Mone Kamishiraishi). Ia tinggal di sebuah desa bernama Itomori daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu. Pada suatu hari Taki dan Mitsuha secara misterius bertukar kehidupan satu sama lain. Jiwa mereka berdua tertukar. Sejak mengalami kejadian aneh tersebut, kehidupan mereka tak lagi sama seperti sebelumnya. Film anime romantis ini menjadi salah satu anime populer yang berhasil menjadi anime terlaris pada 2016 dan film anime ketiga yang paling sukses sepanjang waktu. Film ini berhasil meraih skor 8,4/10 di situs IMDb.

2. Hotarubi no Mori e (2011).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Hotarubi no Mori e atau yang tampil dengan judul lain Into the Forest of Fireflies' Light merupakan film anime yang mengisahkan Takegawa Hotaru, seorang anak perempuan berusia 6 tahun yang sedang tersesat di sebuah hutan. Ia kemudian ditolong oleh Gin, roh bertopeng yang tak bisa bersentuhan dengan manusia. Sejak saat itu, Hotaru selalu pergi ke hutan tersebut sepanjang musim panas. Film ini mengisahkan kisah cinta antara dua jiwa dengan dimensi berbeda. Hotaru semakin dewasa dan semakin tampak tubuhnya berubah. Sementara itu, Gin selalu tampil seperti saat pertama kali mereka bertemu. Walaupun begitu, yang pasti di antara mereka adalah bahwa mereka saling mencintai satu sama lain. Film ini berhasil menggugah banyak penonton di seluruh dunia dan berhasil meraih skor 7,9/10 di situs IMDb.

3. Byôsoku 5 senchimêtoru (2007).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Byôsoku 5 senchimêtoru atau yang juga tampil dengan judul 5 Centimeters per Second merupakan anime romantis yang terdiri dari tiga segmen: "Cherry Blossom", "Cosmonaut", dan "5 Centimeters per Second". Ketiga segmen tersebut masing-masing mengikuti periode kehidupan Takaki Tno dan hubungannya dengan gadis-gadis di sekitarnya. Film ini menyajikan drama romantis tentang hubungan jarak jauh. Terjebak di masa lalu dan tidak dapat membuat kenangan baru, Takaki dan Akari berpegang teguh pada harapan untuk bertemu lagi. Byôsoku 5 senchimêtoru berhasil meraih penghargaan sebagai Film Fitur Animasi Terbaik di Asia Pacific Screen Awards 2007. Selain itu, film ini juga berhasil menarik perhatian penontonnya dengan meraih skor 7,6/10 di situs IMDb.

4. Koto no ha no niwa (2013).

foto: imdb.com

Koto no ha no niwa atau yang tampil dengan judul bahasa Inggris The Garden of Words merupakan film anime romantis yang mengisahkan Takao Akizuki, seorang calon pembuat sepatu berusia 15 tahun, dan Yukari Yukino, seorang wanita misterius berusia 27 tahun yang terus ia temui di Taman Nasional Shinjuku Gyoen di pagi hari yang hujan. Sementara Takao melewatkan kelas paginya untuk mendesain sepatu, Yukari menghindari pekerjaan karena masalah pribadi dalam kehidupan profesionalnya. Film anime ini mengisahkan hubungan romantis antara dua orang yang punya rentang usia yang cukup jauh berbeda. Perbedaan usia antara dua karakter utama dan sifat karakter mereka menunjukkan betapa canggung dan terputus-putusnya orang dewasa. Orang dewasa pun terkadang merasa tidak lebih dewasa daripada remaja. Film ini berhasil meraih atensi publik hingga film ini pun diadaptasi menjadi manga. Selain itu, film ini berhasil meraih skor 7,5/10 di situs IMDb.

5. Eve no jikan (2010).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Eve no jikan atau Time of Eve: The Movie merupakan film anime yang tampil dengan genre fiksi ilmiah. Film anime romantis ini mengisahkan Jepang di masa depan yang melibatkan perangkat android dalam semua aspek kebutuhan manusia. Film ini fokus pada Rikou yang menemukan hal aneh dengan perangkat androidnya. Hal ini kemudian membuatnya untuk mengunjungi Eve no Jikan, sebuah cafe di mana android dan manusia diperlakukan sama sebagai pelanggan. Sejak saat itu, perangkat android dianggapnya tidak hanya sebagai sebuah benda, melainkan juga teman yang sama seperti manusia. Selain menyajikan fiksi ilmiah masa depan, film ini juga menyelipkan kisah romantis antara Rikou dan Masaki yang selama ini menemani dirinya ke mana pun pergi. Film ini berhasil mendapatkan skor 7,3/10 di situs IMDb.

6. Tamako Love Story (2014).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Tamako Love Story merupakan film anime romantis yang mengisahkan cinta antara teman masa kecil yang baru diungkapkan saat mereka beranjang dewasa. Dalam film ini, Tamako yang sudah kelas 3 SMA, mulai fokus dengan pertunjukannya pada Usagiyama Marching Festival. Sementara itu, Mochizou yang ingin melanjutkan kuliah di Tokyo mau tak mau harus segera mengungkapkan perasaan cintanya kepada Tamako yang ia sukai saat mereka masih sama menjadi anak-anak. Mochizou pun mau tak mau harus menyatakan perasaannya dengan jujur daripada tidak sama sekali. Film ini menampilkan kisah yang manis dan berhasil meraih skor 7,1/10 di situs IMDb.

7. Kumo no mukô, yakusoku no basho (2004).

film anime romantis IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Kumo no mukô, yakusoku no basho atau The Place Promised in Our Early Days merupakan film anime romantis yang mengisahkan tiga teman yang tinggal di Aomori, di Jepang utara: dua anak laki-laki, Hiroki Fujisawa dan Takuya Shirakawa, dan Sayuri Sawatari. Namun, semua mimpi mereka sirna ketika Sawatari menghilang tanpa kabar. Tiga tahun kemudian, mereka tahu bahwa Sawatari memiliki hubungan dengan menara Hokkaido. Kenyataan tersebut membuat mereka harus memilih antara Sawatari atau menara Hokkaido. Film anime yang dirilis pada 2004 ini berhasil meraih atensi banyak penonton dan kritikus. Kumo no mukô, yakusoku no basho berhasil meraih skor 7/10 di situs IMDb.

(brl/guf)

(brl/guf)