Brilio.net - Squid Game sebagai salah satu serial survival yang paling populer saat ini membuat semua tayangan survival menarik untuk ditonton kembali. Tema-tema survival sudah banyak diadaptasi menjadi sebuah film atau bahkan menjadi sebuah anime. Anime merupakan istilah serial animasi Jepang yang banyak diangkat dari komik manga Jepang.

Tema survival yang diangkat menjadi anime menjadi tontonan menarik dan tak boleh dilewatkan. Ada banyak tema-tema survival, mulai dari kisah perjuangan untuk survive hingga permainan yang melibatkan hidup dan mati.

Attack on Titan menjadi salah satu anime yang mengangkat tema survival dan menjadi salah satu anime populer hingga saat ini. Anime tersbeut hadir dengan cerita menarik dan pertarungan melawan musuh sebagai usaha balas dendam atas kematian ibunya. Selain itu, ada pula kisah misteri seperti anime Another yang mengisahkan misteri bangku kosong di sebuah sekolah SMA dan selalu meminta tumbal saat ada siswa baru.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (25/11), berikut 7 anime survival terbaik, cocok ditonton para penggemar Squid Game

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) (2013-2022)

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Shingeki no Kyojin atau yang lebih akrab disebut Attack on Titan menjadi salah satu anime survival terpopuler hingga saat ini. Anime ini mengisahkan masa depan manusia yang hampir punah karena para Titan. Manusia-manusia yang tersisa, kemudian membangun tiga lapis dinding kokoh untuk bertahan hidup.

Salah satu karakter yang menonjol dalam anime ini adalah Eren Yeager yang memutuskan untuk bergabung dengan Survey Corp agar bisa melawan Titan yang telah membunuh ibunya. Sejak hadir pertama kali pada 2013, Attack on Titan berhasil meraih banyak penggemar di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat dari capaian skor anime di IMDb yang bisa meraih skor 9/10.

2. Another (2012)

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Another merupakan anime horor yang mengisahkan Kouichi Sakakibara, seorang akan SMA yang pindah dari Tokyo ke Yomiyama dan tinggal bersama kakek-neneknya. Saat di sekolah, Kouichi bertemu dengan Misaki yang ternyata juga satu kelasnya dengannya. Namun, saat teman kelasnya yang diperkenalkan kepada Mei Misaki, semua teman kelasnya tersebut tidak ada yang bisa melihatnya dan bahkan mengenalnya.

Namun, keanehan tersebut tetap membuat Kouichi untuk mengenal lebih jauh Misaki. Sejak saat itu, Kouichi harus menghadapi berbagai misteri dan membuatnya terlibat dalam serangkaian peristiwa kematian. Kouichi kemudian tahu bahwa Misaki adalah siswa yang terbunuh di SMA tersebut dan terus meminta tumbal saat ada anak baru masuk ke kelasnya. Selain Kouichi Sakakibara, anime ini juga melibatkan semua teman-teman kelasnya dan mereka saling melindungi diri agar tidak menjadi tumbal atas kursi kosong yang menjadi kutukan Mei Misaki. Anime ini berhasil meraih skor 7,6/10 di IMDb.

3. Zetsuen no Tempest (2012-2013)

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Zetsuen no Tempest mengisahkan Mahiro Fuwa, seorang siswa SMA remaja yang adik tirinya Aika (yang juga pacar lama dari teman masa kecilnya Yoshino Takigawa) dibunuh secara misterius bersama dengan orang tua mereka satu tahun sebelumnya. Mahiro dihubungi oleh Hakaze Kusaribe, pemimpin klan Kusaribe yang terdampar di pulau terpencil yang tidak diketahui oleh para pengikutnya.

Mahiro kemudian setuju untuk membantu Hakaze sebagai imbalan atas bantuannya untuk menemukan pelakunya yang bertanggung jawab atas kematian tragis keluarganya. Setelah mengetahui niat temannya, Yoshino bergabung dengan Mahiro sebagai usahanya untuk melawan sisa klan Kusaribe yang berniat untuk membangunkan "Pohon Keluaran" yang kekuatannya dapat membawa kehancuran ke seluruh dunia. Ketiga karakter ini kemudian sama-sama bertarung dan Mahiro dan Yoshino mencari jalan keluar agar mereka selamat dari hal-hal yang tidak mereka inginkan selanjutnya. Zetsuen no Tempest berhasi meraih skor 7,6/10 di situs IMDb.

4. Highschool of the Dead (2010).

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Highschool of the Dead mengisahkan sekelompok anak-anak sekolah menengah yang terjebak di tengah serangan zombie dan perang nuklir. Siapa pun yang digigit oleh zombie tersebut, mereka akan berubah menjadi zombie serupa. Para murid di sekolah Fujimi dan seorang gadis kecil yang berjuang mati-matian untuk bertahan dari bencana ini.

Selama perjalanan, mereka juga harus berurusan dengan kontroversi sosial dan bertemu dengan orang lainnya yang selamat. Cerita-cerita menegangkan dan penuh haru tersebut, membuat anime ini berhasil meraih skor 7,2/10 di IMDb.

5. Btooom! (2012).

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Btooom! menjadi salah satu anime terbaik yang mengisahkan permainan survival. Dalam anime ini, dikisahkan Ryouta Sakamoto, seorang pemain pro di video game populer bernama Btooom yang benar-benar menjadi bagian dari video game tersebut saat ia terdampar di sebuah pulau yang penuh makanan sekaligus bom yang bisa meledak kapan saja.

Di pulau tersebut, Ryouta harus menemukan pemain lain dan saling membunuh untuk bertahan hidup. Anime ini disebut memberi pengalaman menonton yang menegangkan dan juga terselip kisah romantis. Di situs IMDb, anime ini meraih skor 7,1/10.

6. Koutetsujou no Kabaneri (2016)

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Koutetsujou no Kabaneri mengisahkan sebuah virus misterius yang muncul selama Revolusi Industri dan dapat mengubah manusia menjadi mayat hidup yang disebut Kabane atau bisa disebut juga zombie. Kabane adalah makhluk agresif yang tidak dapat dikalahkan kecuali dengan hati emas bersinar yang dilindungi oleh lapisan besi, ditusuk, atau memutus bagian penting dari tubuhnya seperti kepala.

Penyedia kereta api yang menghubungkan peradaban manusia, Ikoma bersemangat untuk melawan monster ini, karena dia telah menyempurnakan senjata untuk mengakhiri Kabane dengan lebih baik selama bertahun-tahun. Namun, senjata tersebut tidak membuat Ikoma kebal dari virus tersebut dan ia terpaksa untuk diobati segera. Sebab, jika tidak, ia akan berubah menjadi kabane yang tak kalah mematikan. Cerita-cerita menyeramkan dan penuh adegan laga ini membuat anime ini berhasil mencuri atensi para penggemar anime. Anime ini berhasil meraih skor 7,2/10 di situs IMDb.

7. Mayoiga (The Lost Village) (2016)

anime survival terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Mayoiga mengisahkan 30 orang yang memutuskan untuk bergabung dalam sebuah sebuah perjalanan menuju desa misterius bernama Nanakimura. Semua orang yang ikut punya alasan masing-masing. Namun, sebagian besar dari mereka ingin menikmati kehidupan lain yang jauh dari kebisingan kota. Desa Nanakimura bukan saja sulit ditemukan, melainkan juga ternyata tidak berpenghuni sama sekali. Hanya ada sisa-sisa kehidupan yang tak pernah diperkirakan oleh orang-orang yang ikut dalam perjalanan tersebut. Mereka harus berjuang bertahan hidup untuk bisa selamat dan keluar hidup-hidup dari desa tersebut. Anime ini berhasil meraih skor 5,3/10 di situs IMDb.

(brl/pep)