Brilio.net - Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki urban legend yang nggak kalah menyeramkannya dengan film Hollywood. Oleh karena itu, keuntungan ini menjadi kesempatan para sineas atau filmmaker Tanah Air untuk mengembangkannya menjadi sebuah cerita.

Nah buat kamu yang suka menantang diri untuk menonton film horor, berikut ini ada delapan rekomendasi film pendek berdurasi kurang dari 30 menit yang bertemakan horor karya sineas Indonesia yang yang sudah dihimpun brilio.net, Rabu (29/3). Yang pastinya jangan sampai kamu tonton sendirian ya!

1. Grave Torture

Joko Anwar memang dikenal sebagai salah satu sutradara top di Indonesia. Ia berhasil menciptakan film-film keren seperti Janji Joni, Kala, Modus Anomali dan masih banyak lagi. Namun ia juga banyak menyutradarai beberapa film pendek. Selah satunya yang bergenre horor, Grave Torture (2012).

Loading...

Joko Anwar mengangkat urban legend di Indonesia yang mempercayai bahwa mereka yang berbuat jahat selama hidup akan mengalami siksaan dalam kubur. Film berdurasi 7 menit 53 detik ini menceritakan tentang kisah anak kecil yang nggak sengaja terperangkap di peti mati bersama jenazah ayahnya yang merupakan pembunuh berantai!

2. Payung Merah (Red Umbrella)

Indonesian Short Movies © 2017 berbagai sumber

Film ini merupakan garapan dari Andri Cung dan Edward Gunawan yang berkisah tentang Rio Dewanto yang menjadi supir taksi yang mengantarkan perempuan misterius yang diperankan oleh Atiqah.

Film yang dirilis tahun 2010 ini berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya Best Asian Short Film oleh Screen Singapore pada tahun 2010, Best Short Film (Ladrang Award) di Festival Film Solo 2011, serta posisi 1st Runner-Up di Europe On Screen 2012 di Indonesia.

Kamu bisa menonton Red Umbrella di sini

3. Sebelah

Film berdurasi 14 menit 27 detik ini disutradarai oleh aktor berbakat Indonesia, Reza Rahadian. Film ini merupakan karya pertamanya sebagai sutradara dan ia berhasil memperoleh penghargaan sebagai film terbaik dalam festival film LA Lights.

Film ini berkisah tentang seorang perempuan yang mendapatkan perlakuan kasar dari pacarnya. Nah horornya tuh bakalan kerasa kalau kamu nonton film ini sampai akhir.

4. Moriendo

Nah kalau yang ini adalah film horor animasi karya Andrey Pratama yang ternyata terinspirasi dari cerita karangan Noviana Kusumawardhani berjudul 'Sebuah Pagi dan Seorang Lelaki Mati.'

Film ini memang terlihat indah dengan animasinya yang unik serta jalan ceritanya yang menceritakan tentang kematian melalui narasi para karakternya. Saking kerennya, film ini sampai diproduksi kembali dengan pengisi suara bahasa Jepang lho di tahun 2016 lalu.

5. Sandekala

Berkisah tentang urban legend Indonesia yang melarang anak-anak untuk berkeliaran di luar saat maghrib berkumandang. Nah film yang disutradarai oleh Amriy Ramadhan ini berkisah tentang ibu dan anak yang harus pulang pada saat maghrib, namun di tengah perjalannnya tiba-tiba ia mendengar suara gamelan jawa. Waaahhh...

Film berdurasi 9 menit 3 detik ini menang di XXI Short Film Festical 2016 lho. Jadi sangat 'worth it' buat ditonton.

6. Revenge (Merindu Mantan)

Film garapan sutradara Andri Cung ini menceritakan tentang seorang mantan kekasih yang patah hati dan ingin balas dendam dengan cara menyantet mantannya. Aimee Saras piawai memerankan cewek yang dikhianati mantannya dengan ilmu hitam yang dipercayai bisa membayar lunas dendamnya. Wah.

7. Taksi

Film pendek menegangkan yang disutradari dan ditulis oleh Arianjie AZ dan Nadia Yuliani ini mengisahkan tentang seorang wanita yang diperankan oleh Shareefa Daanish. Wanita tersebut pulang larut malam karena lembur. Dan ketika ingin pulang, dia hanya menemukan sebuah taksi di jalan yang gelap dan sepi, taksi tersebut ternyata menyimpan kejutan yang tidak diinginkannya.

8. Yours Truly

Film pendek yang diunggah oleh A Cine et Cetera Production ini berkisah tentang seorang pengantar bunga bernama Todi yang sangat pendiam dan introvert. Temannya hanya tape recorder untuk merekam aktivitas dan pembicaraan.

Setelah menemui berbagai macam karakter orang yang diantarkan dengan bunga, Todi bertemu dengan Kayla. Hubungan keduanya pun berlanjut serius sampai Todi suatu saat memutuskan tak ingin melanjutkan hubungan itu.

Mimpi buruk Todi pun dimulai, dan akan ada plot twist yang mengejutkan kalian. Wajib banget deh buat ditonton pas malem Jumat gitu.