Brilio.net - Film horor identik dengan pencahayaan yang minim membuat mata kita menjadi awas, penasaran dengan keberadaan si hantu. Genre film yang satu ini juga semakin populer di kalangan penonton apalagi anak muda.

Pemilihan musik yang mendukung suasana mencekam menjadi salah satu alasan kepopuleran film bergenre horor. Ada banyak daftar film horor yang sudah tayang sepanjang 2019. Setiap film memiliki cerita seram masing-masing yang tentunya membuat jantungmu berpacu kencang.

Jangan mengaku penikmat film horor jika belum menonton film-film yang tayang tahun 2019. Coba hitung, udah nonton berapa film horor sepanjang tahun 2019? Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/12), berikut beberapa daftar film horror terbaik terseram di 2019.

1. The Curse of La Llorona.

a © 2019 brilio.net

-Foto: imdb.com-

Sutradara James Wan mengenalkan film barunya yang berjudul The Curse of La Llorona setelah sukses dengan The Conjuring Universe dan Insidious Universe. Film ini mengisahkan La Llorona, makhluk gaib legenda Meksiko yang hidup di antara surga dan neraka.

Perbuatan keji semasa hidupnya membuat ia terjebak dalam dunia tersebut. Ia menenggelamkan anak-anaknya kemudian bunuh diri dengan cara yang sama. Kamu pasti akan lebih sering memeriksa kolong tempat tidurmu setelah menonton film ini.

2. Us.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@usmovie

Jordan Peele kembali membuat karya terbarunya yang berjudul Us. Diperankan oleh Lupita Nyong'o, film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang dihantui teror doppelganger. Suatu kepercayaan tentang iblis yang bisa menyerupai wajah kita.

Sekelompok orang asing datang ke kediaman Lupita Nyong'o. Anehnya, wajah mereka sama. Dari situlah kejadian-kejadian aneh berawal. Film horor yang juga merupakan kritik sosial ini akan memikatmu untuk menonton berulangkali.

3. Perempuan Tanah Jahanam.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@perempuan_tanah_jahanam

Film garapan Joko Anwar ini menceritakan tentang seorang perempuan bersama sahabatnya yang ingin menelusuri misteri keluarganya. Dari rasa penasaran itulah mereka kemudian memulai perjalanan.

Perempuan Tanah Jahanam dapat dikatakan sebagai film horor psikologis. Rasa takut dalam film inin terbangun lewat psikologis para tokohnya yang membuatmu merasakan ketakutan yang sama. Kamu akan menjadi pemburu hantu karena dalam film ini tak banyak memunculkan sosok hantu atau jumpscare yang biasa jadi andalan film horor.

4. Annabelle 3.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@annabellemovie

Film Annabelle 3 ini mengambil latar waktu tepat sebelum peristiwa pada film The Conjuring pertama. Tepatnya ketika pasangan suami istri (Ed dan Lorraine Warren) membawa boneka Annabelle dan menyimpannya dalam sebuah ruangan yang ternyata penuh dengan barang-barang terkutuk pada akhir cerita.

Annabelle dikunci dalam sebuah kotak kaca yang selalu didoakan oleh seorang pastur. Namun pada suatu malam, Annabelle berhasil membangkitkan roh-roh jahat yang berada di dalam barang-barang terkutuk di ruangan tersebut. Roh-roh jahat itu mengincar Judy Warren yang saat itu berusia 10 tahun.

5. It 2.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@itmovieofficial

Setelah sukses dengan film pertamanya, Andy Muschietti menggarap film horor berikutnya. It 2 merupakan sekuel dari film pertama yang berjudul It yang tayang pada 2017 silam. Film ini diadaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul sama.

Beberapa aktor dan aktris baru mengisi film It 2,di antaranya James McAvoy, Jessica Chastain, dan Bill Skarsgard. Pada sekuel ini, sekumpulan anak yang bernasib sama sebagai murid yang ditindas bertemu kembali setelah hampir tiga dekade.

Pertemuan anak-anak didasari karena sumpah mereka yang mengatakan untuk kembali kepada Derry jika si badut Pennywise atau It muncul lagi dan meneror kota.

6. Sunyi.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@filmsunyi

Sunyi merupakan adaptasi dari film horor Korea yang berjudul Whispering Corridors. Film ini mengisahkan kematian beruntun yang terjadi di sekolah.

Budaya senioritas yang tinggi terjadi di sekolah unggulan impian semua siswa dan siswi. Alex (Angga Aldi) adalah salah satu korbannya. Hampir setiap hari sejak pertama kali masa orientasi siswa, Alex sudah dirundung oleh senior-seniornya. Kejadian-kejadian tragis yang menimpa para siswa dan siswi bermula dari ritual pemanggilan arwah yang dilakukan Alex atas permintaan seniornya.

7. Makmum.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@makmummovie

Makmum diangkat dari film pendek karya Riza Pahlevi yang telah tayang di berbagai festival film. Makmum versi film panjang sendiri digarap oleh sutradara Hadrah Daeng Ratu dan penulis naskah Alim Sudio, Riza Pahlevi, dan Vidya Talisa Ariestya.

Film ini mengisahkan tentang tiga anak asrama yang sering mengeluh mengenai teror makhluk gaib, terutama ketika sedang salat. Mereka mengatakan ada semacam makmum gaib yang mengikuti salat mereka.

8. Child's Play.

Film horor terbaik dan terseram © 2019 brilio.net

Foto: Instagram/@child'splaymovie

Child's Play merupakan film hasil reboot dari terdahulu yang dirilis pada 1988. Film ini mengisahkan seorang ibu yang memberi anak laki-lakinya sebuah boneka sebagai kado ulang tahun. Rupanya boneka tersebut sangat berbahaya karena mempunyai insting seorang pembunuh yang mengerikan. Pada film versi reboot ini, sang boneka sudah berganti nama menjadi Buddi yang sebelumnya bernama Chucky.

Reporter: Hameda Rachma

(brl/vin)

(brl/vin)