Brilio.net - Serial drama Netflix selalu menghadirkan cerita menarik, mulai dari drama Korea hingga drama Amerika yang selalu menjadi perhatian banyak penonton di seluruh dunia. Dari sekian banyak drama Netflix tersebut, ada jenis drama Netflix yang disebut limited series atau serial terbatas.

Limited series atau serial terbatas ini hanya berlangsung selama satu musim dan terdiri dari beberapa episode yang menceritakan kisah lengkap. Mereka ditulis dan diproduksi dengan awal, tengah, dan akhir yang jelas. Pada dasarnya seri terbatas Netflix adalah miniseri eksklusif untuk Netflix.

Salah satu limited series Netflix yang cukup menarik adalah serial yang diangkat dari kisah nyata. Walaupun kadang singkat, serial tersebut hampir selalu membekas di hati banyak penonton, sehingga serial ini lebih sering ditonton ulang. Salah satu yang cukup populer pada 2021 adalah serial Maid yang mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal yang sudah bercerai dengan suaminya. Serial ini berlangsung satu musim saja dan sudah selesai sesuai kisah nyata, tanpa ada niatan untuk menambahkan lagi. Selain itu, masih banyak limited series yang tak kalah menarik.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (2/12), berikut 7 serial drama Netflix diangkat dari kisah nyata, hanya tayang satu musim.

1. Maid (2021).

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial Maid mengisahkan seorang single mom bernama Alex (Margaret Qualley) yang melarikan diri dari hubungan yang tidak sehat dengan suaminya. Alex kemudian berjuang untuk menafkahi anaknya dengan bekerja sebagai maid atau pembantu.

Selain harus bekerja dan menafkahi anaknya, Alex juga berjuang untuk lepas dari semua trauma masa lalu yang sering mengganggunya saat bekerja. Serial ini merupakan gambaran bagaimana seorang istri, seorang perempuan bisa lepas dari lingkaran abusive pasangannya. Serial ini terinspirasi dari memoar Stephanie Land yang berjudul Maid: Hard Work, Low Pay, and a Mother's Will to Survive. Selain itu, serial yang terdiri dari 10 episode ini, merupakan seri terbatas Netflix yang tayang pada 1 Oktober 2021 dan hanya berlangsung satu musim saja.

2. The Billion Dollar Code (2021)

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

The Billion Dollar Code merupakan serial mini Jerman yang mengisahkan tentang dua jenius komputer asal Jerman berdasarkan kisah nyata. Kisah bermula pada era 1990-an ketika kedua jenius komputer itu menemukan algoritma yang kemudian digunakan untuk membuat Google Earth. Alur cerita berkisar pada sengketa pelanggaran hak paten pada 2014 melawan Google dan menuduh bahwa TerraVision digunakan untuk mengembangkan Google Earth.

Karakter fiksi Brian Anderson mengacu pada Brian McClendon dan Michael T Jones yang menemukan Keyhole Inc untuk mengembangkan browser planet. Serial ini sempat mendapatkan gugatan dari pihak Google dan selesai pada 2017. Namun, imbas dari gugatan tersebut, beberapa skrip penting yang penting dihilangkan dari serial ini untuk menghindari konflik dengan Google.

3. Stateless (2020).

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

Stateless berkisah tentang empat orang dengan latar belakang berbeda yang dipertemukan di dalam pusat penahanan imigrasi Barton di Australia. Keempat orang tersebut terdiri dari seorang pramugari yang melarikan diri dari sekte pinggiran kota, seorang pengungsi Afghanistan yang melarikan diri dari penganiayaan, seorang ayah muda Australia yang melarikan diri dari pekerjaan buntu, dan seorang birokrat yang terjebak dalam skandal nasional.

Keempat orang tersebut menjalani kehidupan yang bersinggungan dan membuat mereka saling mengikat satu sama lain. Sebuah potret dari latar belakang sosial yang berbeda mengharukan dari sebuah kisah nyata yang pernah terjadi di Australia tentang penahanan Imigrasi negara tersebut.

4. Self Made: Inspired by the Life of Madam C.J. Walker (2020).

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

Self Made: Inspired by the Life of Madam C.J. Walker merupakan kisah nyata Madam C.J. Walker, seorang keturunan Afrika-Amerika yang ahli menata rambut. Serial ini merupakan penggambaran fiksi dari "kisah yang tak terhitung dari pelopor perawatan rambut hitam dan maestro Madam CJ Walker dan bagaimana dia mengatasi permusuhan saat pergantian abad Amerika. Mulai dari persaingan epik, dan pernikahan yang kacau untuk menjadi orang kulit hitam pertama di Amerika yang membuka usaha penataan rambut.

5. Unorthodox (2020)

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

Unorthodox merupakan serial pertama Netflix berbahasa Yiddish, bahasa Jermanik Barat yang secara historis dituturkan oleh orang Yahudi Ashkenazi. Serial ini terinspirasi oleh otobiografi Unorthodox: The Scandalous Rejection of My Hasidic Roots karya Deborah Feldman pada 2012. Serial besutan sutradara Maria Schrader ini mengangkat kisah nyata Deborah yang tumbuh besar di dalam komunitas Yahudi Hadistic.

Dalam empat episode, Unorthodox mengisahkan wanita muda Yahudi yang melarikan diri dari pernikahan dan komunitas agamanya. Serial ini mengisahkan bagaimana seorang wanita Yahudi menemukan hal lain di luar komunitas agamanya dan pergi ke pusat kota Berlin Jerman untuk menemukan jawaban.


6. Unbelievable (2019).

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

Unbelievable merupakan serial yang bercerita tentang kejahatan yang keji dan ketidakadilan yang menimpa korban lantaran kesalahan (atau keengganan) dari para penegak hukum yang tak bekerja sebagaimana mestinya.

Serial ini didasarkan dari peristiwa nyata yang ditulis di artikel berita " An Unbelievable Story of Rape", yang ditulis oleh T Christian Miller dan Ken Armstrong pada 2015, dan buku mereka A False Report tahun 2018 berdasarkan penelitian yang sama. Serial yang berlangsung sebanyak 8 episode ini mengikuti beragam kisah rumit untuk menemukan siapa pelaku kejahatan yang sebenarnya.

7. When They See Us (2019).

Serial drama Netflix satu musim berbagai sumber

foto: imdb.com

When They See Us merupakan drama serial kriminal Amerika yang mengisahkan kasus diskriminasi hukum yang dialami oleh lima remaja kulit hitam yang didakwa melakukan pemerkosaan dan penyerangan seorang perempuan di Central Park, New York City. Peristiwa tersebut merupakan kisah nyata pada 19 April 1989 yang dialami oleh sekelompok remaja kulit hitam dan tertuduh melakukan penyerangan seksual.

Namun, saat para remaja tersebut bebas dan dewasa, mereka mengajukan gugatan terhadap yang dilayangkan kepada mereka dan diberi penyelesaian pada 2014. Drama serial ini menggambarkan bagaimana diskriminasi hukum kepada orang kulit putih menjadi pelajaran penting di Amerika agar kasus serupa tak terulang lagi.

*

INFOGRAFIS SERIAL DRAMA NETFLIX YANG DIANGKAT DARI KISAH NYATA © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS SERIAL DRAMA NETFLIX YANG DIANGKAT DARI KISAH NYATA
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan