1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Fashion
+
06 Januari 2017 13:16

10 Foto ini bukti gaya cowok zaman dulu jadi kiblat anak kekinian

Gaya lawas pasti dikangenin banyak orang.
Gaya cowok/foto-foto: istimewa

Brilio.net - Tren fashion selalu berubah setiap tahun. Namun begitu, tren fashion ini kerap kali mengulang yang pernah ada, seakan kayak perputaran roda. Soalnya, gaya lawas pasti dikangenin banyak orang. Termasuk kamu, kan?

Nah, bisa dibilang juga bahwa tren fashion lawas jadi kiblat tren fashion zaman sekarang. Hal ini nggak cuma berlaku buat fashion cewek, fashion cowok pun mengalami hal yang sama.

Mau tahu buktinya? Nih, udah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/1), 10 foto bukti tren yang ada sekarang merujuk ke tren lama yang nggak ada matinya. Kamu siap cobain yang mana, Sob?

1. Jas panjang dan topi.

foto: viralnova.com; coppamagz.com

Yup, jas panjang ini emang bikin kamu lebih terkesan berwibawa, selain berfungsi menambah kehangatan saat di daerah yang berudara dingin. Plus topi yang mempercakep penampilan.

Foto di atas menunjukkan bahwa pada tahun 1950-an, udah ada model jas panjang dan topi sebagai salah satu item fashion kala itu. Model di foto kiri adalah Cary Grant, aktor Amerika-Inggris yang lahir pada 1904 dan meninggal pada tahun 1986. Sedangkan model sebelah kanan adalah Lee Dong-wok yang mengenakan model jas dan topi yang hampir mirip, saat berperan sebagai grim reaper dalam serial drama Korea, Goblin, yang sedang booming beberapa waktu belakangan.

Kamu juga bisa mendapati anak-anak muda berjas model ini terutama di negara-negara yang bersuhu udara dingin seperti Korea Selatan, Jepang, sampai kawasan Eropa.

2. Baju rajut.

foto: viralnova.com; tumblr.com

Baju satu ini mah nggak ada matinya ya, Sob. Foto di atas nunjukin bahwa Kevin Spacey, aktor kawakan Amerika kelahiran 1959, juga udah pakai baju rajut. Foto ini sendiri disebut diambil saat Kevin muda, era 1980-an.

Nah, sampai sekarang baju rajut masih menjadi favorit. Contohnya aja si ex personel One Direction, Zayn Malik yang tertangkap pakai baju rajut. Kamu pasti punya kan, di lemarimu?

3. Baju turtleneck.

foto: getkempt.com; Instagram/@adipatidolk

Selain baju rajut, juga ada baju dengan kerah panjang menutupi leher, atau biasa disebut turtleneck. Zaman Elvis Presley muda, sekitar tahun 1950-1960 aja udah ada model baju hangat kayak satu ini. Terus, sampai sekarang juga masih ada cowok yang punya koleksi baju turtleneck. Selain bikin hangat, bikin kamu memiliki bawaan hangat dan ramah sama orang, lho.

Eh, tapi kalau kamu pengen makin disukai orang, bahkan gebetan, bisa nih ditambah pakai Urban Cologne Freedom GATSBY. Aromanya segera bikin kamu ganteng maksimal, deh. Info lebih lengkap bisa kamu cek di sini

4. Jaket bomber.

foto: jetsetsewing.com; thefashionisto.com

Jaket bomber bermula dari kebutuhan pilot untuk menghangatkan diri saat terbang pada era Perang Dunia I atau sekitar tahun 1915-an. Nah, akhirnya berkembang jadi jaket yang bisa digunakan secara luas dan jadi tren.

Bahkan beberapa waktu lalu, presiden kita, Joko Widodo (Jokowi) juga bikin netizen heboh gara-gara pakai jaket bomber. Jangankan Jokowi, anak muda pun juga menggandrungi model jaket satu ini, salah satunya si Harry Styles. Kamu juga suka pakai jaket bomber?

5. Pose foto dengan tangan di saku celana.

foto: pinterest.com/tomandlorenzo.com

Pose berfoto dengan memasukkan kedua tangan ke dalam saku memang nggak disebut sebagai tren karena ini bergantung pada pribadi masing-masing. Hanya saja, nggak peduli dulu maupun sekarang, pose ini bisa jadi pilihan pose foto.

Pose foto di atas kalau jadi kebiasaan di luar pengambilan foto, bisa mengesankan kekerenan, kewibawaan atau kekuasaan, tapi juga bisa menunjukkan ada sesuatu yang ditutupi atau ketidakpercayaan diri. Ada yang mengatakan juga untuk meredakan kecemasan atau ketegangan yang melanda. Hmmm... menurutmu gimana, Sob?

6. Gaya rambut klimis David Bowie.

foto: pinterest.com

Penyanyi legendaris era 1970-an, David Bowie sempat punya model rambut super klimis yang bikin ketampanannya melejit. Nah, ternyata belakangan ini juga ngetren rambut klimis dengan sedikit ada jambul di depan. Istilah kerennya pompadour hairstyle.

Gaya rambut satu ini emang bikin kamu kelihatan keren, rapi, dan tentu aja bikin cewek-cewek meleleh sama kamu. Kamu punya rambut model ini?

7. Cambang.

foto: viralnova.com; bustle.com

Selain rambut, cambang juga jadi andalan cowok buat tampil cakep. Nah, dulu udah ada tuh yang suka melihara cambang.

Foto kiri adalah Paul Newman, aktor Amerika yang sempat memenangkan Golden Globe 6 kali. Dalam foto yang diambil pada tahun 1963 saat dia di Venice Film Festival tersebut, Paul punya cambang yang bikin karismanya melejit.

Nah, zaman sekarang juga banyak cowok yang melihara cambang biar kelihatan makin ganteng dan karismatik. Salah satu contohnya si DJ tersohor, Calvin Harris. Kamu nggak pengen coba punya cambang, Sob?

8. Kendaraan yang laki abis.

foto: safran-arts.com; Instagram/@adipatidolk

Jenis tunggangan bisa menjadi salah satu kebanggaan cowok. Dulu cowok suka motor gede yang menunjukkan sisi maskulinnya. Foto kiri di atas menunjukkan era 1960-1970-an di New York, Amerika Serikat.

Zaman sekarang pun, di Indonesia, cowok juga ada yang cinta mati sama motor ged lawas. Salah satunya si Adipati Dolken. Bergaya di atas tunggangan saat difoto pun juga jadi salah pilihan menunjukkan "Gue keren".

9. Kacamata.

foto: pinterest.com; Instagram/@ adipatidolk

Aksesori yang bikin cowok makin ganteng adalah kacamata. Dari zaman Richard Gere muda sampai Adipati Dolken, kacamata jadi salah satu item fashion wajib biar tampil keren.

Kamu buktikan sendiri deh, persentase kegantengan cowok pakai kacamata kaya mereka bakalan naik. Kamu berani ikutan coba?

10. Gaya colourfull 80-an.

foto: clothing-style-formen.blogspot.co.id; pinterest.com

Ngomongin soal warna berpenampilan, kamu pasti ngeh kalau era ayah dan ibumu muda, gaya colourfull begitu ngetren. Nah, sekarang ini gaya berpenampilan colourfull juga masih jadi favorit.

Kamu bisa temui gaya colourfull ini di party-party music atau yang dikenakan model-model catwalk.

Kamu pun bisa cobain, Sob. Cobain hal baru bisa bantuin kamu menemukan gaya berpenampilan yang cocok sama kepribadianmu. Selain itu juga bisa ngeboost mood kamu dalam menjalani hari, terlebih kalau sesuai sama kepribadianmu.

 

 

(brl/pep)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?