Brilio.net - Munculnya pandemi virus corona memberikan dampak yang cukup besar bagi dunia pendidikan. Adanya imbauan untuk melakukan physical distancing membuat institusi pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, menerapkan pembelajaran secara daring.

Tak pelak, kebijakan tersebut pun turut berpengaruh pada pelaksanaan ujian. Jika sebelumnya, ujian dilaksanakan di dalam kelas dengan tempat duduk diacak, kini ujian pun dilakukan secara daring.

Menariknya, terdapat sejumlah cara yang dilakukan oleh para guru agar murid-muridnya tidak saling mencontek. Mengganti ujian tertulis dengan ujian secara lisan adalah salah satunya.

Dikutip brilio.net dari akun Twitter @callmeBeeL, Rabu (11/11), sang pengunggah foto mengatakan bahwa ia dan teman-temannya saat ini sedang menjalani ujian tengah semester.

Nah, guna menghindari adanya kecurangan, sang guru lantas menerapkan sistem ujian secara lisan. Tak hanya sampai di situ, seluruh siswa yang mengikuti ujian pun diharuskan menutup matanya dengan penutup seperti kain yang diikatkan di kepala.

Loading...

Dari foto yang ada, tampak jika semua siswa pun mau tak mau mengikuti peraturan tersebut. Dengan kocaknya, mereka menutup mata dengan berbagai macam kain, mulai dari sapu tangan, bandana kain, dan bahkan kardus.

"Aku UTS kek gini. Kalian kek mana?" tulis sang pengunggah.

UTS tutup mata © Twitter

foto: Twitter/@callmeBeeL

Cara ujian lisan yang unik sekaligus kocak ini lantas diunggah ulang oleh akun @txtdaripelajar. Lalu, dalam waktu singkat, unggahannya pun menjadi viral. Terhitung hingga saat ini, cuitan tersebut telah mendapat lebih dari 11 likes dan di-retweet lebih dari 3 ribu kali.

Sementara itu, warganet pun berbondong-bondong meninggalkan komentar lucu melalui kolom reply.

"Duh jangan sampe dosen liat sih sa inimah nanti jadi inspirasi wkwk," tulis @Filarkhairu_.

"Wkwkwk sama bgt kek aku pas ada tugas suruh tutup mata Face with tears of joy," komentar @anissavera2.

"UTS apa renungan, matanya ditutup," sambung @damarmurti.