Brilio.net - Menyewa jasa pengasuh bayi merupakan salah satu solusi tepat untuk seorang ibu yang juga wanita karier. Jam kerja yang dari pagi hingga malam hari membuat ibu tidak punya waktu untuk mengurus anak seorang diri. Namun perlu kehati-hatian dalam memilih pengasuh bayi. Oleh karena jika salah pilih, kesehatan dan keselamatan bayi bisa saja terancam.

Belum lama ini linimasa media sosial digegerkan dengan postingan akun Instagram @febevierza912. Pada postingannya tersebut, ibu dua anak ini mengungkapkan kalau baru saja mengalami kejadian tak mengenakkan yang dilakukan pengasuh anaknya. Pengasuh anaknya itu disebutkan mencampur obat cetrizine ke dalam susu anak bungsunya agar tenang dan terus tertidur.

Dilansir brilio.net dari postingan perempuan bernama Vierza Belinna, Kamis (15/8), ia menceritakan kalau pengasuh tersebut baru bekerja tiga bulan di rumahnya. Ia dan suami merasa terkesan karena wanita paruh baya itu bisa mengambil hati anaknya. Bahkan anak pertamanya sangat lengket ke pengasuhnya hanya dalam waktu singkat.

"3minggu belakangan anak kami great selalu sudah tdr awalnya saya ga curiga , tp lama lama saya mikir kok great ga ada bangunnya minta susu pampersnya kering jg takut dihidrasi sy bangunin ga bangun tp karna pikir sy ga ada apa apa sy biasa aja," ungkap Vierza.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Maaf banyak yang tanya kok bisa ? Ibu ini pendatang , dan baru 3bulan bekerja sama saya . Awal ketika saya masi cuti lahiran saya suka bgt ibu ini bisa ngebonding ke anak anak sampe anak pertama saya lengket bgt sama dia , pokoknya perfact dimata saya dan suami . Kami kerja berdua , kami berangkat jam 5 subuh pulang jam 9malam . 2-3minggu belakangan anak kami great selalu sudah tdr awalnya saya ga curiga , tp lama lama saya mikir kok great ga ada bangunnya minta susu pampersnya kering jg takut dihidrasi sy bangunin ga bangun tp karna pikir sy ga ada apa apa sy biasa aja . Sampe akhirnya konsul ketemen , dan temen blg yakin susunya ga di campur antimo itu bs bikin baby lu tdr . Sy tolak omongan itu tp kemarin malam ibu ini sorenya bilang sama saya di tlp bu saya bsk ga masuk kerja ya saya tanya knp dia cm blg gpp sy ga masuk selamaya alasanya takut ngelanggar peraturan bapak ibu . Karna ini bukan pertama kalinya dia ancem sy dengan mau resign setiap dia pinjam uang sy kasih ga sesuai yg dia minta pasti ada aja kelakuannya , papihnya anak anak negur dia ya begini kelakuannya . Tp tuhan baik , malam itu suami saya sy suruh bgnin baby kami tp ga bangun jg dr diciumin di tepok tepok sampe di angkat . Sy buang susu yg sisa si ibu ini buat eh gatau feeling ibu x ya pengen cium botolnya pas sy cium bau anggur merah dan sy bandingan sm susu yg saya buat baunya ya bau susu krn takut salah sy diemin dua susu itu agak lama ternyata bukan bau susu basi dan baunya memang beda .

A post shared by Vierza Belinna (@febevierza912) on

 

Ia dan suami yang selalu pulang kerja malam, pasti mendapat anaknya yang bernama Great itu sudah dalam keadaan tidur. Tapi anehnya, tidur bayi itu selalu lama. Bahkan Vierza pernah mencoba membangunkan anaknya dengan cara diciumi dan ditepuk-tepuk tapi Great tetap tidak mau bangun.

Akhirnya sang ibu yang curiga memeriksa susu anaknya yang biasanya dibuat oleh sang pengasuh. Kecurigaan tambah menjadi-jadi ketika ia mencium bau susu buatan pengasuh itu. Ketika dibandingkan dengan susu buatannya, baunya sangat berbeda sekali.

"Sy buang susu yg sisa si ibu ini buat eh gatau feeling ibu x ya pengen cium botolnya pas sy cium bau anggur merah dan sy bandingan sm susu yg saya buat baunya ya bau susu krn takut salah sy diemin dua susu itu agak lama ternyata bukan bau susu basi dan baunya memang beda," ujarnya.

Usut punya usut, sang pengasuh ternyata mencampurkan susu bayi itu dengan obat bernama cetrizine. Ini diungkapkan Vierza lewat cerita yang diunggah di Instagram Stories. Hal ini dilakukan agar Great tenang dan dapat tidur dengan nyenyak.

Menurut berbagai sumber, cetirizine merupakan obat anti-alergi. Obat ini memberi efek samping mengantuk bagi penggunanya. Selain itu, penggunaan obat ini juga harus sesuai resep dari dokter. Tentu saja obat ini tidak boleh dikonsumsi untuk anak di bawah usia 6 bulan.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kenapa di lepas gitu aja? Saya cuma kepikiran anak anaknya masih kecil juga dan perempuan . Saya ga mau jd batu sandungan buat berkatnya org ini , sy cuma kasih warning biar org ini sadar . Sy share ini semua juga bukan karna apa sy cm mau bagi apa yang saya alami agar lebih hati hati lg nitipin anak anak sama baby sister atau art sendiri . Kalo ditanya hancur hati ga ? Pasti . Karna anak sy harus muntah terus setiap minum susu dokter bilang lambungnya lg penuh sama gas , dan dosisnya pun masih bekerja di dalam tubuh anak saya . Tp yang buat sy bisa begini cuma karna saya percaya Tuhan yesus baik , ini kebuka bukan secara kebetulan tp waktunya tuhan untuk sy buka mata sm org ini . Bagian saya saat ini cuma bergumul untuk bs mengampuni pribadi lepas pribadi , urusan hukuman dll saya yakin tuhan punya pembalasannya sendiri karna sy tau betul membalas bukan Hak saya . Maaf sy ga bs balas DM satu satu tp sy bersyukur banyak yg respect sm kejadian ini . God bless temen temen yg sy kenal maupun baru dikenal . Semoga kejadian ini ga menimpa kalian

A post shared by Vierza Belinna (@febevierza912) on

 

Meski telah membahayakan anaknya, namun Vierza dan suami tidak membawa kasus ini ke ranah hukum. Ia lebih memilih untuk memecat dan melepaskan pengasuhnya. Namun, kasus ini tentunya telah dilaporkan ke RT setempat untuk diberikan imbauan kepada masyarakat sekitar.

"Kenapa di lepas gitu aja? Saya cuma kepikiran anak anaknya masih kecil juga dan perempuan . Saya ga mau jd batu sandungan buat berkatnya org ini , sy cuma kasih warning biar org ini sadar . Sy share ini semua juga bukan karna apa sy cm mau bagi apa yang saya alami agar lebih hati hati lg nitipin anak anak sama baby sister atau art sendiri," kata Vierza.

Usai diunggah pada beberapa waktu lalu, curhatan ibu dua orang anak ini menjadi perhatian warganet. Banyak yang kemudian jadi waspada dengan fenomena kasus-kasus yang dilakukan seorang pengasuh maupun ART.

"tega bangeeet ini paraaaah ART," ujar akun @fitriraahm.

"Prihatun bacanya," tulis akun @ingeingriani2.

"Saya seorang baby sitter... Jujur dengan kejadian yang menimpa kakak,membuat profesi saya tercoreng," kata akun @saylina.jimshoney.