"Uang yang kita sudah setorkan ke pihak travel itu dibawa kabur nilainya sebesar Rp400 juta. Kami sedih dan kecewa, karena rencana ke Yogyakarta itu kami buat karya tulis sebagai aspek penilaian," terang Fazha.

agen study tour bawa lari uang Rp 400 juta Berbagai sumber

foto: freepik.com

Perusahaan travel yang bekerja sama dengan pihak sekolah tersebut diketahui terletak di Jalan Moch Sikat, Kota Bandung. Saat ini, tampak tidak ada aktivitas pegawai di kantor biro perjalanan tersebut. Bahkan, di bagian depan tertulis gedung itu dijual.

Tour Manager GTI, Jimmy Tanumihardja menyebut saat perjanjian awal (MoU) dengan pihak sekolah, pembayaran study tour harus dilakukan melalui rekening perusahaan.

Pihak sekolah dan travel sudah menyepakati pembayaran awal Rp 10 juta, dan pelunasan maksimal H-4 keberangkatan.

"Sekolah memberikan tanda jadi ke travel Rp 10 juta, melalui rekening yang ditunjuk," ujar Jimmy, dikutip dari merdeka.com, Kamis (25/5).

Demo tersebut dilakukan oleh para siswa dengan membentangkan spanduk yang dipasang di beberapa sudut sekolah. Spanduk tersebut berisi rasa kekecewaan para siswa yang merasa dibohongi.

agen study tour bawa lari uang Rp 400 juta Berbagai sumber

foto: TikTok/@infobandungkota

Tampak sisa spanduk kekecewaan dari para siswa bertuliskan 'Proud of You 21' dan 'Rest in Peace 21' terpajang di gerbang depan sekolah.

Sementara itu jajaran Polsek Buahbatu menyatakan sudah menerima laporan dan sedang melakukan penyelidikan. Dilansir merdeka.com, diketahui pelaku sudah berhasil diamankan.

agen study tour bawa lari uang Rp 400 juta Berbagai sumber

foto: TikTok/@infobandungkota

“Rabu kemarin, pukul 23.00 WIB telah diamankan tersangka berinisial ICL, dugaan tersangka kasus penipuan uang travel yang direncanakan untuk kegiatan travel anak SMAN 21 ke Yogyakarta,” kata dia di Mapolrestabes Bandung, Kamis (25/5).

“Hari ini kita lakukan pemeriksaan mendalam dulu, nanti kita telusuri uangnya ke mana saja, motifnya apa sehingga yang bersangkutan menggelapkan uang tersebut, tapi hasil pemeriksaan sementara yang bersangkutan mengaku uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi, tapi lebih detailnya nanti,” terang dia.